Indonesia Bakal Miliki Taman Miniatur 99 Masjid Dunia

217
Rancangan Grand Mosque

Muslim Obsession – Indonesia akan memiliki wisata religi internasional bernama Taman Miniatur 99 Masjid Dunia.

Dengan membawa misi kebudayaan, taman ini akan berdiri megah di Bogor. Tepatnya di daerah Desa Pasir Madang, Sukajaya. 

“Taman miniatur 99 masjid dunia ini akan menjadi wahana wisata religi berbasis budaya. Masyarakat Indonesia dan dunia nanti bisa menikmati suasana, arsitektur, dan kebudayaan lainnya sehingga mereka bisa merasakan betapa luar biasanya Islam di Indonesia,” ujar Hartono Limin, Ketua Umum Yayasan Amanah Kita, Rabu (15/5) di Kantor Yayasan Amanah Kita Gandaria, Jakarta Selatan.

Walaupun tahapannya masih panjang, ia bersama beberapa orang timnya telah menyusun konsep yang matang, survei lahan di Bogor, komunikasi dengan sejumlah negara besar yang menjujung tinggi kebudayaan, termasuk merancang masterplan taman miniatur.

“Ini merupakan wahana wisata religi internasional yang dapat mengangkat martabat bangsa Indonesia,” tegas Hartono sebagaimana dilansir NU Online.

Sebab, imbuhnya, Indonesia merupakan negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia. Di Republik ini juga hidup berbagai suku dan bangsa yang hidup dengan prinsip kebersamaan sehingga bisa mewujudkan harmoni global.

Ia meyakini ketika ada yang menilai bahwa umat Islam akan kembali maju, maka di Indonesialah Islam dengan segala budaya dan peradabannya bakal menjadi tempat strategis untuk membangun kembali kemajuan.

Hartono menjelaskan secara rinci bahwa taman miniatur telah melalui berbagai macam kajian dan studi banding. Ia bersama timnya sudah mengunjungi negara-negara seperti Iran, Irak, Turki, Tiongkok, dan Rusia. Sementara ini, sambutan negara-negara yang bakal ikut berkontribusi cukup baik.

Taman miniatur berfilosofi 99 Asmaul Husna ini akan dibangun di lahan seluas 260 hektar. Ia bukan berbentuk miniatur kecil yang hanya bisa dipandang, tetapi berbentuk bangunan sebesar ukuran musholla agar bisa dilihat, dimasuki, dan dipelajari arsitektur budaya yang ada di dalamnya.

Berbagai fasilitas umum pendukung wahana wisata religi 99 miniatur masjid dari 86 negara ini juga akan dibangun untuk mendukung kemajuan peradaban. Sejumlah fasilitas yang ada di dalamnya ialah masjid utama (grand mosque) berkapasitas 200.000 jamaah, lembaga penddikan seperti pesantren dan universitas Islam internasional, perpustakaan, hotel, parkir, dan berbagai fasilitas megah lainnya.

Hartono juga mengatakan bahwa nantinya di dalam taman tidak boleh dilalui lalu lalang mobil dan bus. Transportasi dari wahana satu ke wahana lainnya akan disediakan mobil listrik sehingga lingkungan tetap terjaga dengan baik.

“Wahana wisata religi ini juga untuk memperkuat ukhuwah Islamiyah dari aspek budaya,” tegasnya.

Di depan taman miniatur masjid nanti juga akan didukung oleh perangkat kebudayaan dari negara asal masjid tersebut. Mereka akan menampilkan peragaan tradisi dan budaya dari negara asal mereka termasuk menyajikan berbagai macam kuliner khas.

Hartono menegaskan bahwa bangsa Indonesia yang merupakan negara paling majemuk di dunia bukan merupakan kebetulan. Melainkan sudah menjadi kehendak Allah. Islam yang juga terdapat berbagai macam tradisi dan budaya bisa belajar dari keharmonian bangsa Indonesia agar peradaban dan kebudayaan Islam berkembang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here