Indonesia Akan Berbagi Pengalaman Soal Islam Moderat di KTT Ulama

367
Din Syamsuddin
Din Syamsuddin (Foto: Dinsyamsuddin.com)

Jakarta, Muslim Obsession – Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerjasama Antar-Agama dan Peradaban (UKP-DKAAP) Din Syamsuddin mengatakan, Indonesia akan berbagi pengalaman dalam pengembangan prinsip wasathiyat Islam atau Islam moderat melalui agenda High Level Consultation (HLC) of World Muslim Scholars on Wasathiyat Islam atau Konsultasi Tingkat Tinggi (KTT).

Rencananya, kegiatan strategis yang dihelat di Bogor pada 1-3 Mei 2018 itu akan dihadiri 50 tokoh ulama dunia.

“Pancasila dan UUD 1945 itu mencerminkan nilai-nilai Islam yang wasatiyah,” ujar Din dalam keterangan resminya, Ahad (12/3/2018).

Agar acara tersebut terlaksana, Din mengaku telah menyambangi ulama dari Uni Emirat Arab Syaikh Abdullah bin Bayah yang juga sebagai Ketua Forum Promosi Perdamaian di Masyarakat Muslim.

Saat bertemu dengan Syaih Bayah, Din menjelaskan bahwa umat Islam Indonesia sudah mengamalkan prinsip yang wasathi, baik dalam kehidupan bermasyarakat maupun berbangsa dan bernegara.

Dikabarkan, Syaikh bin Bayah memberikan apresiasi kepada umat Islam Indonesia, yang dikenal selalu menampilkan Islam sebagai agama kasih sayang dan perdamaian. Menurutnya, umat Islam Indonesia dapat menjadi contoh bagi umat Islam dunia lainnya.

KTT Bogor rencananya akan dihadiri Imam Masjidil Haram Syaikh Saleh bin Abdullah bin Hamid, Imam Masjidil Aqsha, Syaikh Muhammad Ahmad Husein. Kemudian Mufti Libanon Syaikh Abdulatif Daryan, Cendekiawan Muslim Kanada Jamal Badawi, Sekjen Konferensi Muslim Eropa Muhammad Bechari dari Perancis, Sekjen Liga Dunia Islam Muhammad Abdul Karim Al-‘Isa.

Tokoh ulama Iran, Syaikh Ayatullah Ali Taskhiri, juga akan menghadiri acara tersebut. Juga Mufti Rusia Syaikh Ravil Ismagiloviich dan Ketua Muslim Jepang Amin K Tokomasu. (Bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here