India Luncurkan Pesawat Ruang Angkasa untuk Mendarat di Bulan

216
Pesawat ruang angkasa India

India, Muslim Obsession – India meluncurkan pesawat ruang angkasa Chandrayaan-2 untuk misi pendaratan di bulan.

Jika berhasil, India akan menjadi negara keempat yang mencapai prestasi tersebut. Direncanakan, India bakal meluncurkan misi tersebut pada pertengahan Juli mendatang.

Empat negara terdepan yang berhasil menyelesaikan misi mendarat di bulan ialah Amerika Serikat, Rusia, dan Cina yang melakukan pendaratan lunak di bulan dan menempatkan penjelajah di atasnya.

China berhasil mendaratkan bajak bulan pada Januari. Misi tak berawak, yang disebut Chandrayaan-2, yang berarti “kendaraan bulan” dalam bahasa Sansekerta, akan melibatkan pengorbit, pendarat dan penjelajah, yang telah dibangun oleh Organisasi Penelitian Antariksa India (ISRO).

“Misi ini dijadwalkan untuk diluncurkan pada 15 Juli di atas Kendaraan Peluncuran Satelit Geosynchronous ISRO milik Mark III. Harganya sekitar 10 miliar rupee ($ 144 juta),” kata ISRO, Rabu (12/6/2019) sebagaimana dilaporkan Al-Jazeera.

Setelah perjalanan lebih dari 50 hari, pendarat ISRO akan mencoba pendaratan lunak yang dikendalikan di dekat Kutub Selatan bulan sekitar 6 September. Setelah mendarat, bajak akan melakukan percobaan sambil dikendalikan dari jarak jauh oleh para ilmuwan ISRO.

“15 menit terakhir pendaratan akan menjadi momen paling menakutkan bagi kami,” ungkap Ketua ISRO K. Sivan kepada media. Badan itu juga mengatakan variasi gravitasi bulan, medan, dan debu dapat menyebabkan masalah. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here