India Akan Buka Pengadilan Syariat

261
Pengadilan (Foto: Istimewa)

India, Muslim Obsession – Badan pengambil keputusan tertinggi dalam urusan Muslim di India berencana membuka Darul-Qaza (pengadilan Syariat) di semua distrik negara. Darul-Qaza diperlukan untuk menyelesaikan masalah sesuai dengan hukum Islam.

Proposal tersebut akan diangkat pada pertemuan The All India Muslim Personal Law Board (AIMPLB) di New Delhi 15 Juli 2018. AIMPLB adalah organisasi non-pemerintah yang dibentuk pada tahun 1973, guna mengadopsi strategi yang sesuai, untuk perlindungan dan berlanjutnya penerapan Hukum Personal Muslim di India.

“Saat ini ada 40 pengadilan semacam itu di Uttar Pradesh. Kami berencana untuk membuka satu pengadilan semacam itu di semua distrik di negara ini. Tujuan dari Darul-Qaza adalah untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam terang hukum Syariat, jadi bukannya pergi ke pengadilan lain,” kata anggota senior AIMPLB Zafaryab Zilani, sebagaimana dilansir Tribune India, Senin (9/7/2018).

Dia memperhatikan bahwa sebanyak Rs 50.000 dihabiskan untuk menjalankan Darul-Qaza. Oleh karena itu, mereka akan mendiskusikan cara-cara untuk menghasilkan sumber daya yang dibutuhkan pada pertemuan nanti.

Dengan pandangan, untuk membuat pengacara, hakim, dan masyarakat sadar tentang hukum Syariat. Selain itu, AIMPLB juga akan mengaktifkan komite Tafheem-e-Shariyat (TeS) atau Komite Pemahaman Syariat.

“Kami akan mengaktifkan komite Tafheem-e-Shariyat untuk membuat pengacara, hakim, dan orang awam sadar tentang hukum Syariat. Kami akan mendiskusikan hal ini pada pertemuan AIMPLB,” kata Jilani. (Vina)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here