Indeks Kepuasan Jamaah Haji Indonesia 2017 Meningkat

357
Haji - BPS
Tim Survei Indeks Kepuasan Jemaah Haji Indonesia dari BPS Wahyudin (kiri). (foto: Makki)

Lombok, MuslimObsession.com – Indeks Kepuasan Jamaah Haji Indonesia (IKJHI) tahun 2017 mencapai 84,85 dibandingkan tahun sebelumnya yang menyentuh angka 83,83. Artinya, IKJHI 2017 mengalami kenaikan sebesar 1,02 poin.

Demikian hasil survei indeks kepuasan jemaah haji Indonesia (IKJHI) pada penyelenggaran haji 1438H/2017M yang disampaikan Badan Pusat Statistik (BPS) pada rapat evaluasi Rapat Evaluasi Layanan Akomodasi, Konsumsi, dan Transportasi Darat Jemah Haji di Arab Saudi yang digelar Direktorat Pelayanan Haji Luar Negeri di Lombok, NTB, Rabu (15/11/2017).

Kendati demikian, menurut anggota Tim Survei IKJHI BPS Wahyudin, jika ditelisik lebih detail akan ditemukan beberapa layanan yang indeksnya sudah sangat memuaskan.

“Kalau dilihat secara lebih rinci, ada tiga aspek pelayanan akomodasi yang masuk dalam kategori sangat memuaskan. Hasil surveinya sudah di atas 85,” kata Wahyudin, seperti dilansir situs resmi Kementerian Agama RI.

Ketiga aspek tersebut, jelas Wahyudin, pertama adalah layanan petugas saat menyambut dan melepas jemaah. Indeks kepuasan atas layanan ini sangat memuaskan, mencapai 87.74 poin.

“Pembekalan yang dilakukan Kemenag kepada petugas sebelum berangkat untuk memotivasi mereka agar memberikan layanan terbaik, sepertinya mendorong petugas untuk memberikan layanan terbaiknya,” tambahnya.

Aspek kedua adalah kemudahan akses akomdasi ke tempat ibadah. Indeks kepuasan layanan ini mencapai 85.11; sudah di atas 85 sehingga masuk kategori sangat memuaskan. Sedang aspek ketiga adalah keamanan dan ketertiban dengan indeks 85.08.

“Meski demikian, masih ada penurunan layanan akomodasi pada beberapa aspek lainnya, yaitu kapasitas kamar, fasilitas hotel (terutama terkait jemuran dan antrian lift), serta cara pengaturan kamar,” ujar Wahyudin. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here