IMM Bali Desak Sukmawati Minta Maaf

273
Ketua Umum DPD IMM Provinsi Bali, Samsul Arifin.

Denpasar, Muslim Obsession – Ketua Umum Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (DPD IMM) Provinsi Bali, Samsul Arifin, menyayangkan pernyataan Sukmawati Sukarnoputri yang membandingkan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan Presiden Sukarno.

Pernyataan Sukmawati itu dilontarkan dalam sebuah forum diskusi yang bertemakan “Bangkitkan Nasionalisme Bersama Kita Tangkal Radikalisme dan Brantas Terorisme” pada 11 November 2019.

“Tidak seharusnya Sukmawati melontarkan narasi yang membandingkan Sukarno dengan Nabi Muhammad SAW,” kata Samsul di Denpasar, Senin (18/11/2019).

Menurutnya, hal semacam itu merupakan sesuatu yang sangat sensitif karena menyangkut masalah agama tertentu. “Pernyataan itu bisa menimbulkan persepsi yang negatif dari umat,” kata Samsul.

Sebagai salah satu putri dari Proklamator Republik Indonesia, kata dia, seharusnya Sukmawati mampu menjaga diri dan menampilkan jiwa kenegarawannya dengan pilihan narasi yang baik dan bisa menyatukan umat.

IMM Provinsi Bali mendesak agar Sukmawati memberikan klarifikasi dan segera meminta maaf atas pilihan narasi yang menimbulkan persepsi negatif terhadap umat.

IMM Provinsi Bali juga mendesak Sukmawati untuk meminta maaf secara terbuka kepada seluruh umat Islam di Indonesia atas pernyataannya tersebut.

Ketua Umum DPD IMM Bali juga mengimbau kepada seluruh pihak agar tetap bersikap tenang dan menyelesaikan persoalan tersebut sesuai koridor hukum yang berlaku di Republik Indonesia. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here