Imam Shamsi Ali Buka Siaran TV Jihad di Amerika

186
Imam Shamsi Ali (kedua dari kiri) bersama para jamaah Masjid Al-Mamoor, Jamaica Muslim Center. (Foto: writingpaths)

New York, Muslim Obsession – Imam besar Masjid New York Dr H Imam Shamsi Ali yang juga pendiri Pondok Pesantren pertama di Amerika Serikat (AS) mulai membuka siaran TV di New York, AS. Bahkan tidak tanggung-tanggung, temanya jihad Islam.

“Mulai besok saya akan memulai program baru saya di ITV (Islamic TV) USA bernama: My American Jihad,” ujar Imam Shamsi Ali dalam pernyataannya lewat WhatsApp, Rabu (24/6/2020).

Imam Shamsi beralasan dirinya memilih topik ‘jihad’ untuk mengubah gagasan yang salah dan menyesatkan dalam benak beberapa orang tentang kata tersebut, bahwa jihad itu negatif dan merusak.

“Melalui program ini saya akan berdebat dengan kedua sisi ekstrim itu, bahwa Jihad adalah konsep positif dan konstruktif,” tambah imam di Islamic Center of New York dan direktur Jamaica Muslim Center, New York, AS.

Shamsi Ali menegaskan, jihad secara harfiah berarti berjuang atau berjuang. Dan itu berarti berusaha untuk membawa kebaikan dan perbaikan bagi masyarakat kita, baik melalui perjuangan pribadi kita maupun perjuangan kolektif.

“Jihad tidak pernah dimaksudkan untuk membawa kekacauan, kehancuran dan kesengsaraan bagi kehidupan manusia. Dan ini yang perlu kita perdebatkan dan buktikan!” tandasnya.

Imam Shamsi Ali saat ini adalah Direktur/Imam Jamaica Muslim Center New York, komunitas Muslim terbesar di kota New York, Presiden Nusantara Foundation (yayasan yang didirikannya tiga tahun lalu, dan juga Presiden Muslim Foundation of America, sebuah yayasan dakwah di Amerika Serikat.

Lelaki asal Bulukumba, Sulawesi Selatan, ini juga pernah menjabat sebagai Imam Islamic Center New York dan Ketua Masjid Al-Hikmah, masjid milik warga Indonesia di kota New York.

Kiprahnya di organisasi internasioanl sangat banyak, di antaranya sebagai anggota Dewan Penasehat untuk sejumlah organisasi antara agama, termasuk Pusat Tanenbaum dan Federasi untuk Perdamaian Timur Tengah, Ketua Dewan Pembina untuk Asean Federation of Muslim Amerika Utara, anggota Dewan untuk Kemitraan Imam di NY, pendiri-bersama (co-founder) UNCC (Rohaniwan Universal Koalisi-International).
- Presiden dan anggota Dewan Yayasan Muslim Amerika, Inc., Ketua Parade tahunan Muslim di NYC., Wakil Presiden Koalisi Asia di Amerika (AAC-USA) dan Perwakilannya di PBB.

Di kalangan komunitas Muslim Indonesia di Amerika Utara Imam Ali adalah Dewan Penasehat IMSA (Indonesian Muslim Society di Amerika), juga Dewan Penasehat ICMI (Indonesian Muslim Society Intelektual di Amerika). Dikenal di kalangan komunitas antar agama, menjadi penceramah di gereja-gereja, sinagog Yahudi, dan lembaga-lembaga lainnya baik secara nasional dan internasional. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here