Ikuti Jejak AS, Guatemala Pindah Kedutaan Besar ke Yerusalem

507
Guatemala memindahkan kedutaan besar ke Yerusalem (Photo: Istimewa)

Washington, Muslim Obsession – Guatemala meniru langkah Amerika Serikat memindahkan kedutaannya di Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem. Demikian disampaikan Presiden Guatemala, Jimmy Morales dalam konferensi pers di Washington, Ahad (4/3/2018) waktu setempat.

Morales telah mengumumkan niatnya mengikuti jejak Trump untuk memindahkan kedutaan dari Tel Aviv ke Yerusalem pada Desember lalu. Keputusan itu diambil Morales meskipun Majelis Umum Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) telah mengeluarkan resolusi yang menolak langkah Trump tersebut.

“Saya ingin berterima kasih kepada Presiden Trump (Presiden AS Donald Trump) yang telah memimpin jalan ini. Keputusannya yang berani telah mendorong kita untuk melakukan hal yang benar,” kata Morales dalam sebuah pidato di konferensi kebijakan tahunan Komite Urusan Publik Amerika Israel (AIPAC), menurut terjemahannya di situs resmi AIPAC seperti dilansir Reuters, Senin (5/3/2018).

“Saya telah menginstruksikan dua hari setelah AS memindahkan kedutaannya, Guatemala akan memindahkan kedutaan secara permanen ke Yerusalem,” kata Morales.

Dilaporkan, Liga Arab juga mengancam untuk menghentikan impor kapulaga dari Guatemala jika negara tersebut tidak mengubah rencana pemindahan kedutaan ke Yerusalem.

Guatemala adalah salah satu dari sepuluh negara yang menolak resolusi Majelis Umum PBB. Sebelum pemungutan suara, AS mengancam untuk menghentikan bantuan bagi negara-negara yang mendukung resolusi PBB yang mengecam langkah Trump tersebut.

Amerika Serikat adalah negara pendonor penting bagi Guatemala. Washington berencana memindahkan Kedutaan AS dari Tel Aviv ke Yerusalem pada 14 Mei 2018, bertepatan dengan 70 tahun deklarasi kemerdekaan Israel.

Sementara itu, salah satu pejabat Palestina mengatakan, langkah A.S. tersebut sebagai bentuk provokasi bagi dunia Arab dan nyata-nyata sebuah pelanggaran hukum internasional. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here