Ikuti Jejak AS dan Guatemala, Paraguay Akan Pindahkan Kedutaan ke Yerusalem

511
Presiden Paraguay Horacio Cartes (Photo: The Guardian)

Paraguay, Muslim Obsession – Kementerian Luar Negeri Israel membenarkan kabar pemindahan kedutaan besar Paraguay ke Yerusalem, Senin (7/5/2018) waktu setempat.

Sekaligus menjadikannya negara ketiga setelah Amerika Serikat (AS) dan Guatemala yang  melakukan langkah tersebut sebelumnya.

Namun, Kementerian Luar Negeri Paraguay dan Presiden Horacio Cartes, tidak dapat mengkonfirmasi atau menyangkal berita tersebut. Melalui juru bicaranya, Cartes dikabarkan tengah dalam pertemuan dengan Menteri Luar Negerinya.

“Cartes akan mengunjungi Israel seminggu setelah kedutaan AS pindah ke Yerusalem pada 14 Mei mendatang,” katanya, sebagaimana dilansir The Guardian, Selasa (8/5/2018).

Langkah Paraguay segera dikritik oleh Wasel Abu Youssef, seorang pejabat senior dalam Organisasi Pembebasan Palestina.

“Keputusan ini bertentangan dengan hukum internasional dan mendukung pendudukan Israel,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Carlos Mateo Balmelli, seorang tokoh terhormat dalam partai oposisi liberal.

“Ini adalah kesalahan dari setiap sudut pandang. Langkah ini akan memprovokasi dunia Arab dan melibatkan Paraguay dalam lingkaran konflik. Meskipun Paraguay selalu menjadi sekutu dekat Israel, tapi orang Paraguay tidak mau menggemakan kebijakan Donald Trump tersebut,” kata Balmelli.

Sementara itu, seorang ahli hubungan internasional Amerika Latin di Universitas Columbia, mengklaim bahwa langkah Paraguay itu merupakan cara untuk ‘menjilat’ Amerika Serikat, seperti halnya yang dilakukan Guatemala sebelumnya. Meskipun menurutnya, tidak jelas apa yang akan didapatkan Paraguay dari langkah itu.

Presiden Paraguay, Horacio Cartes adalah presiden pertama dalam sejarah di negaranya, yang menjalin hubungan dekat dengan rekannya dari Israel.

Karenanya, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu kemudian berjanji akan menyertakan Paraguay pada tur Amerika Latin berikutnya. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here