Ikhlas Itu Ada Tiga Tempatnya

982
Aa Gym.
Aa Gym.

Jakarta, Muslim Obsession – KH. Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym mengatakan ikhlas itu ada tiga tempatnya. Ada di awal, di tengah, dan di akhir. Di awal artinya bisa ikhlas tanpa mengharapkan apapun, tapi di tengah bisa belok niatnya.

“Oleh karena itu harus sungguh-sungguh menjaga niat karena kebahagiaan itu ada dalam keikhlasan. Nikmatnya beramal juga ada dalam keikhlasan. Maka kalau di tengah hilang keikhlasan, hilang pula kebahagiaan dan kenikmatan beramal,” kata Aa Gym seperti dilansir dari akun Instagram pribadinya, @aagym, Senin (23/9/2019).

Dan yang ketiga, Aa melanjutkan, sesudah beramal, seseorang harus benar-benar sekuat tenaga menjauhi dari kerinduan memamerkan kebaikan tersebut, karena sebetulnya bukan diri sendiri yang berbuat baik, tapi Allah yang membimbing setiap seseorang berbuat baik.

“Seperti kita sedekah ke anak yatim, sebetulnya bukan kita yang bersedekah, tapi Allah memberi rizki kepada mereka. Dan kita dititipi jadi jalan. Kalau kita ikhlas, maka jadilah pahalanya, ganjarannya untuk kita, tapi kalau kita merasa berjasa, merasa sudah berbuat yang terbaik dari tenaga kita, maka bisa hilang pahalanya,” lanjutnya.

Ketika seseorang menolong orang lain dalam bentuk apapun, Aa menambahkan, sebetulnya Allah yang menolong mereka dan seseorang menjadi jalan.

“Mudah-mudahan kita menjadi orang yang ikhlas di awal, di tengah, dan di akhir. Sehingga semua amal yang kita lakukan bisa kita nikmati kebahagiaannya bisa mengangkat derajat kita dan bisa jadi bekal pulang kita nanti. Karena ikhlas adalah kunci dari kebahagiaan dalam hidup ini,” pungkasnya. (Way)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here