ICRC Berikan Bantuan Kepada 50.000 Orang di Afrin

481
ICRC berikan bantuan kepada 50.000 orang
ICRC berikan bantuan kepada 50.000 orang (Foto: Anadolu Agency)

Jenewa, Muslim Obsession – Komite Internasional Palang Merah (ICRC) melakukan konvoi truk untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada 50.000 orang yang telah tiba di Afrin, Barat Laut Suriah.

“Konvoi 29 truk tersebut akan menyerahkan bantuan termasuk makanan, pakaian musim dingin, selimut, dan perlengkapan medis kepada 50.000 orang,” kata organisasi bantuan internasional tersebut, Kamis (1/3/2018).

“Kami akhirnya dapat membawa hal-hal penting yang sangat dibutuhkan bagi keluarga yang telah meninggalkan rumah mereka di Afrin, Suriah,” tambahnya.

Seperti dilansir Anadolu Agency, ICRC telah berusaha untuk memberikan bantuan untuk warga di Afrin selama beberapa pekan terakhir.

Sebagai informasi, pada 20 Januari Turki meluncurkan Operasi Ranting Zaitun untuk membasmi teroris YPG/PKK-Daesh dari Afrin.

Staf Umum Turki menyatakan bahwa operasi tersebut bertujuan untuk menciptakan keamanan dan stabilitas di sepanjang perbatasan Turki dan wilayah tersebut, juga untuk melindungi masyarakat Suriah dari tekanan dan kekejaman teroris.

Operasi ini dilakukan di bawah kerangka hak Turki berdasarkan hukum internasional, keputusan Dewan Keamanan PBB, hak untuk membela diri di bawah Piagam PBB, dengan tetap menghormati integritas teritorial Suriah, kata pernyataan tersebut.

Pihak militer juga memastikan bahwa sangat penting supaya operasi tidak membahayakan warga sipil.

Afrin menjadi tempat persembunyian utama bagi PYD/PKK ketika rezim Assad di Suriah menyerahkan kota tersebut kepada kelompok teror tanpa pertempuran pada Juli 2012 silam. (Bal)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here