Ibu Menyusui Bisa Turunkan Resiko Penyakit Jantung dan Stroke

279
Bayi (Foto: Raising Children Network)

Jakarta, Muslim Obsession – Berbahagialah bagi wanita yang bisa menyusui bayinya. Karena, ibu menyusui memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung dan stroke.

Bukan hanya bayi yang mendapat manfaat dari menyusui; sebuah studi baru menemukan bahwa menyusui dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke pada ibu.

Terlebih lagi, para peneliti menemukan bahwa risiko ibu terhadap penyakit jantung dan stroke semakin menurun dengan setiap tambahan 6 bulan menyusui. Rekan penulis penelitian Sanne Peters, Ph.D., dari University of Oxford di Inggris, dan rekannya menerbitkan temuan mereka itu dalam Journal of the American Heart Association.

Dikutip dari Medical News Today, Rabu (5/2/2020) penyakit jantung adalah penyebab utama kematian bagi pria dan wanita di Amerika Serikat. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) melaporkan bahwa sekitar 610.000 orang meninggal karena penyakit jantung setiap tahun, terhitung 1 dari setiap 4 kematian.

Sedangkan stroke adalah salah satu penyebab utama kecacatan di Amerika. Setiap tahun, lebih dari 795.000 orang di AS mengalami stroke. Dari jumlah tersebut, sekitar 610.000 adalah stroke pertama kali.

Studi sebelumnya telah mengindikasikan bahwa wanita yang menyusui dapat mengalami pengurangan tekanan darah, kolesterol, dan penurunan berat badan jangka pendek, yang mungkin bermanfaat bagi kesehatan jantung. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here