Ibrahim Mike Baycora Dilantik jadi Kapolres Muslim Pertama di Amerika Serikat

732

AS, Muslim Obsession – Ibrahim Mike Baycora dilantik sebagai kepala polisi pada Selasa (4/2/2020) lalu, menjadikannya kepala polisi Turki-Amerika dan Muslim pertama dalam sejarah Paterson.

Baycora, yang memiliki 32 tahun pengalaman di kepolisian, dianggap memiliki sikap rendah hati dan bijaksana oleh orang-orang yang telah bekerja dengannya selama bertahun-tahun.

“Paterson telah menjadi rumah saya selama setengah abad. Paterson telah berada dalam darah saya sepanjang hidup saya dan sekarang setelah menjadi kepala polisi setelah karier selama 32 tahun, merupakan suatu kehormatan bagi saya, ” kata Baycora, dilansir Patersontimes, Jumat (7/2/2020).

Upacara pelantikan Ibrahim Mike Baycora sebagai Kepala Polisi Muslim Pertama, dengan sumpah di atas Al-Quran:

Lahir di Eskişehir, Turki, Baycora dibawa ke Amerika Serikat saat masih bayi. Keluarganya menetap di Paterson. Dia bersekolah di Sekolah 12, Sekolah 15, dan SMA Eastside.

Setelah sekolah menengah, Baycora sebentar kuliah di Universitas Boston, tetapi harus kembali ke New Jersey karena terlalu mahal. Baycora terdaftar di Universitas Rutgers dan dua jurusan administrasi bisnis dan teknik kimia. Dia mendapat dua gelar.

“Kami di sini untuk merayakan salah satu dari kami sendiri,” kata walikota Andre Sayegh di ruang Dewan Kota yang penuh sesak.

“Ibrahim adalah produk Paterson,” imbuhnya.

Lebih dari 200 orang dari kelompok etnis berbeda di kota itu yang membentuk komunitas Muslim menghadiri upacara pelantikan di Balai Kota termasuk dari komunitas Turki-Amerika.

Sayegh menggambarkan Baycora sebagai perwujudan impian Amerika. Dia mengatakan Baycora adalah kepala polisi Turki-Amerika pertama di Amerika Serikat.

Usai dilantik, Baycora menguraikan rencana sederhana untuk kepolisian. Tujuannya sebagai kepala adalah untuk membuat lebih banyak petugas polisi turun ke jalan, mengurangi biaya operasional, dan menerapkan lebih banyak teknologi untuk efisiensi.

Dia juga akan memperluas Unit Narkotika untuk menargetkan perdagangan narkoba dan geng-geng yang menjalankan pasar gelap.

“Ini akan membantu mengurangi kejahatan, tidak hanya kejahatan besar, tetapi masalah kualitas hidup seperti pelacuran,” ujar Baycora.

“Kami juga akan terus memperluas jangkauan kami ke komunitas kami serta meningkatkan transparansi departemen,” sambung dia.

Untuk diketahui, tingkat kejahatan keseluruhan turun 5 persen pada 2019. Namun, penembakan dan pembunuhan meningkat.

Direktur keselamatan publik Jerry Speziale mengatakan Baycora memiliki kepercayaan penuh.

“Hal yang paling saya kagumi adalah Anda selalu berpikir matang, berintegritas, tenang dalam menghadapi kesulitan dan berbelas kasih dalam berurusan dengan orang lain. Masing-masing sifat itu mengagumkan karena kemampuannya sendiri,” ungkap Speziale. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here