Husnan Bey Fananie, Dubes Sarat Prestasi

174
Husnan Bey Fananie
Duta Besar RI untuk Azerbaijan, Prof. Dr. H. Husnan Bey Fananie, MA. (Foto: Istimewa)

Muslim Obsession – Menjadi Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia (Dubes LBBP RI) untuk Azerbaijan adalah kebanggaan. Demikian Prof. Dr. KH. Husnan Bey Fananie, MA memaknai tugas yang diampunya sejak ditetapkan Presiden RI Joko Widodo pada 13 Januari 2016 silam.

Bukan soal prestisius, tapi tentang pengabdian seorang ‘santri’ kepada bangsa dan negaranya. Kepercayaan yang dinilainya sebagai ibadah kepada Allah ‘Azza wa Jalla karena membawa misi sebuah negara dengan mayoritas Muslim dan terbesar di dunia.

Kerja keras, kerja cerdas, dan keikhlasan yang dibangunnya membuahkan hasil luar biasa. Husnan menjadi sosok Dubes yang sarat prestasi, sekaligus representasi tokoh Indonesia yang patut dibanggakan.

Karier politik alumnus Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo ini terbilang spesial. Usai menamatkan studi S2 di Rijks Universiteit Leiden, Belanda, lelaki kelahiran Jakarta, 13 November 1967 ini bergabung dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Di partai berlambang Ka’bah Husnan menapaki karier spesialnya sebagai Asisten Pribadi Ketua Umum PPP dan Majelis Pakar. Tak lama, ia pun ‘dibajak’ sebagai Asisten Pribadi Wakil Presiden RI Hamzah Haz untuk bidang pendidikan, sosial, politik, budaya, agama dan hubungan internasional (2001–2004).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here