Hukum Menjawab Salam di SMS

12465

Muslim Obsession – Menjawab salam bagi sesama Muslim hukumnya wajib. Lalu, bagaimana jika salam tersebut tertulis melalui pesan SMS, Chat, Email atau semacamnya. Apakah kita masih wajib menjawab salam tersebut?

Pertanyaan seperti ini pernah disampaikan kepada Syaikh Abdurahman bin Nashir Al-Barrak.

Menurut beliau, adalah betul wajib menjawab salam, baik salam yang disampaikan secara lisan atau melalui surat (baca: sms), baik dijawab dengan ucapan atau melalui tulisan. Berdasarkan keumuman dalil, seperti firman Allah,

Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, Maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa).” (QS. An-Nisa: 86).

Juga berdasarkan hadist dari Al-Barrak bin Azib, bahwa Nabi Saw. memerintahkan kami untuk melakukan tujuh hal, di antaranya: “menjawab salam”.

Dari keterangan beliau, ada dua pelajaran yang bisa kita catat:

1. Salam di SMS atau email atau surat apapun dari orang lain, wajib kita jawab dengan jawaban minimal serupa.

2. Cara menjawab salam di SMS atau email atau surat, tidak harus dalam bentuk tulisan. Artinya boleh menjawab dengan lisan.

Semisal kita mendapat sms, ”Assalamualaikum warahmatullah, apa kabar?” Kita boleh balas smsnya dengan jawaban salam secara lisan, dengan mengucapkan wa alaikumussalam warahmatullah, kemudian kita tulis di sms, “Kabar baik.” Tanpa tulisan jawaban salam. Semacam ini, menurut beliau dibolehkan dan telah menggugurkan kewajiban.

Wallahu ‘Alam bish Shawab..

(Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here