HR Rasuna Said, Wanita Minang di Kancah Politik

449

Gara-gara hal ini, pemerintah Jepang memandang hal ini tidak sesuai agenda strategis Jepang yang sejatinya memang berniat menjajah Indonesia dan bukannya memerdekakan Indonesia. Alhasil, Rasuna dan Chatib Sulaeman ditangkap. Namun kemudian dibebaskan lagi. Besar kemungkinan, hal ini bisa terjadi berkat campur tangan Bung Karno dan Bung Hatta, yang sangat berpengaruh di mata Jepang di Jakarta.

Apalagi ketika bebas, Rasuna Said dan Chatib Sulaeman kemudian aktif memperjuangkan dibentuknya Barisan Pembela Tanah Air (PETA). Desakan Rasuna dan Chatib agaknya berhasil, ketika Jepang akhirnya membentuk Gyu Gun, tentara suka rela di Sumatra Barat. Laskar rakyat inilah yang kelak menjadi cikal-bakal berdirinya Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Dharma bakti Rasuna Said di bidang politik setelah Indonesia merdeka juga amat penting untuk jadi catatan sejarah kita. Segera setelah proklamasi, Rasuna terpilih sebagai anggota Dewan Perwakilan Sumatra mewakili Sumatra Barat. Kemudian aktif juga bergabung di Komite Nasional Indonesia Pusat KNIP) dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Indonesia Serikat setelah penyerahan kedaulatan dari tangan Belanda pada 1949. Rasuna juga pernah menjadi anggota DPRS. Pada 1959 Bung Karno selaku presiden RI mengangkat Rasuna Said sebagai anggota Dewan Pertimbangan Agung.

Sayang sekali, perhatian dan energinya yang dicurahkan begitu total untuk pergerakan, tidak diimbangi dengan perhatian untuk menjaga kesehatan fisiknya. Belakangan diketahui kalau Rasuna Said mengidap penyakit kanker darah, sehingga akhirnya tidak tertolong lagi. Pada 2 November 1965 Rasuna Said wafat dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Pada 1974, dengan Keputusan Presiden Nomor 084/TK/1974, Rasuna Said ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional. Namanya diabadikan menjadi nama salah satu ruas jalan utama di Jakarta dan juga di kota-kota besar lainnya di Indonesia, termasuk tentunya di Kota Padang. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here