Hoaks! WHO Tetapkan Indonesia Negara A1 High Risk Covid-19

75
Hati-hati dengan hoax (Foto: Ilustrasi)

Muslim Obsession – Beredar informasi di media sosial WhatsApp, sebuah pesan berantai terkait deklarasi World Health Organization (WHO) atau Badan Kesehatan Dunia, yang menyatakan Indonesia sebagai negara A1 high risk Covid-19.

Selain itu, disebutkan pula bahwa negara lain berhak menolak dan melarang siapa pun yang berasal dari Indonesia dan negara-negara lain yang terdaftar di A1 memasuki wilayahnya.

Melalui Juru Bicara Covid-19 Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid., menjelaskan bahwa pesan tersebut masuk dalam kategori informasi tidak benar atau hoaks.

Dikutip dari siaran pers Kominfo, Senin (28/6/2021) melalui pesan singkat dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid., mengatakan bahwa Kemenkes sudah memverifikasi informasi tersebut dan mendapatkan keterangan bahwa WHO tidak pernah membuat klasifikasi negara dengan predikat A1 dan kode lainnya.

Dan situasi per negara dilaporkan di situational report yang diterbitkan per minggu. Terkait aturan tentang travel band, penumpang asal negara tertentu biasanya dipraktekkan Health Quarantine atau Kantor Kesehatan Pelabuhan atau pemerintah negara tujuan.

“Ini sudah merupakan praktek umum dalam International Health Regulations sejak 2005. Jadi, keputusan ini adalah hak masing-masing negara, sama seperti Indonesia saat ini tidak menerima WNA dari India, Pakistan bahkan kemarin sempat juga dari Inggris,” ujar dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here