Hindari Sikap Sombong, Ini Nasihat Syekh Abdul Qadir Jailani

1032

Muslim Obsession – Kita seringkali merasa paling benar sendiri ketika menilai orang lain. Apalagi di era media sosial seperti sekarang ini kita dapat dengan mudah mengomentari semua hal tanpa menyadari bahwa kita sendiri punya banyak masalah. Oleh karenanya, kita harus mau berintrospeksi diri.

Agar terhindar dari sikap sombong dan merasa paling baik, Syekh Abdul Qadir Jailani mengajari kita cara bagaimana agar menghindari sikap tersebut. Nasihat Syekh Abdul Qadir Jailani ini dapat ditemukan dalam kitab Nashaih al-‘Ibad. Berikut nasihatnya:

“Ketika kamu bertemu orang lain maka niscayakan bahwa orang itu lebih baik daripadamu. Katakanlah pada dirimu sendiri, bisa jadi orang ini lebih baik di sisi Allah Swt. daripada aku dan dia lebih tinggi derajatnya.”

“Jika yang kamu temui itu adalah anak kecil, maka katakan: Anak ini belum bermaksiat kepada Allah Swt. sedangkan aku sudah banyak bermaksiat kepada-Nya. Tidak diragukan anak ini lebih baik daripada aku.”

“Jika yang kamu temui orang yang sudah tua, maka katakan: Orang ini sudah beribadah kepada Allah Swt. sebelumku.”

“Jika yang kamu temui itu orang yang punya ilmu, maka katakan: orang ini sudah mendapat apa yang belum aku dapatkan, telah meraih apa yang belum aku raih, mengetahui apa yang belum aku tahu, dan dia beramal dengan menggunakan ilmunya.”

“Jika kamu bertemu dengan orang bodoh, maka katakan: orang ini bermaksiat kepada Allah Swt karena bodoh dan tidak tahu, sedang aku bermaksiat padahal sudah tahu. Dan aku tidak tahu apa yang akhirnya akan terjadi pada dirinya (orang bodoh) dan pada diriku.”

“Jika yang kamu temui adalah orang kafir, maka katakan: Aku tidak tahu di kemudian hari dia akan masuk Islam dan meninggal dengan sebaik-baiknya amal, sedangkan aku bisa saja menjadi kafir dan mati dalam keadaan buruk.”

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here