Hindari Kebiasaan Ini Agar Tidak Katarak di Masa Tua

363
Katarak (Foto: allaboutvision)

Muslim Obsession – Katarak adalah pengaburan tanpa rasa sakit dari lensa internal mata. Karena menghalangi cahaya dari melewati lensa, katarak membuat sulit untuk melihat dengan jelas dan bahkan dapat menyebabkan kebutaan dari waktu ke waktu.

Katarak bersifat progresif, artinya memburuk seiring waktu. Sebagian besar kasus terjadi pada orang yang lebih tua, tetapi kadang-kadang juga bisa menimpa orang yang lebih muda.

Cahaya memasuki mata dan melewati lensa. Lensa mata memfokuskan cahaya ke retina, yang mentransmisikan sinyal visual melalui saraf optik ke otak. Keriput lensa akibat katarak menghasilkan gambar yang buram. Masalah lain dengan mata juga dapat menyebabkan penglihatan kabur, tetapi katarak menghasilkan beberapa gejala yang khas.

Gejala katarak

1. Buram

Dilansir medicinenet, Rabu (12/2/2020) gejala yang paling umum adalah melihat gambar buram dari jarak berapa pun. Penglihatan mereka akan berkabut, berawan atau buram. Katarak bertambah buruk seiring waktu, dan sedikit cahaya yang mencapai retina. Mungkin sangat sulit bagi orang dengan katarak untuk melihat dan mengemudi di malam hari.

2. Silau

Silau atau kepekaan terhadap cahaya adalah gejala lain dari katarak. Mungkin sulit bagi seseorang dengan katarak untuk melihat di bawah sinar matahari yang cerah. Lampu dalam ruangan mungkin mulai tampak terlalu terang, atau mungkin tampak ada lingkaran cahaya di sekitarnya. Melotot dari lampu depan yang datang dapat menyebabkan masalah dengan mengemudi di malam hari.

3. Diplopia

Diplopia atau penglihatan ganda, ketika melihat dengan satu mata dapat menjadi gejala lain dari katarak. Ini tidak sama dengan diplopia yang muncul dari penyelarasan mata yang tidak tepat. Penglihatan ganda yang terlihat dengan katarak terjadi bahkan ketika Anda hanya melihat melalui satu mata.

4. Perubahan warna penglihatan

Katarak juga mempengaruhi penglihatan warna. Beberapa warna mungkin tampak pudar, dan benda-benda mungkin memperoleh warna kekuningan atau kecoklatan. Ini mungkin tidak diperhatikan pada awalnya, tetapi seiring waktu, membedakan antara blues dan ungu bisa sulit.

Faktor katarak

Tidak persis dipahami mengapa sebagian orang bisa mengalami katarak. Penuaan adalah faktor risiko yang diketahui. Namun, ada juga faktor-faktor lain yang mungkin juga berperan dalam pengembangan katarak:

  1. Merokok
  2. Minuman alkohol
  3. Diabetes
  4. Trauma mata
  5. Penggunaan kortikosteroid yang diperpanjang
  6. Radiasi yang lama atau paparan sinar matahari

Ingat, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk menurunkan risiko terkena katarak:

  1. Jangan merokok
  2. Selalu pakai topi atau kacamata hitam di bawah sinar matahari
  3. Kontrol gula darah dengan baik
  4. Jangan minum alkohol

(Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here