Hindari Joki, Panitia MTQ Nasional ke-XXVII Siapkan Perangkat Finger Print

501
Rapat koordinasi persiapan MTQN ke-XXVII, di Jakarta Rabu (5/9/2018) (Foto: Bimas Islam)

Jakarta, Muslim Obsession – Panitia Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN)  ke-XXVII menyiapkan perangkat finger print (rekam sidik jari) untuk keperluan absensi dan daftar ulang peserta.

Perekaman sidik jari dilakukan untuk menghindari adanya joki dalam kegiatan yang  akan diselenggarakan di Provinsi Sumatera Utara, pada 4 -13 Oktober 2018 mendatang.

Hal ini disampaikan Direktur Penerangan Agama Islam (Penais) Kementerian Agama, Khoirudin, pada saat rapat koordinasi persiapan MTQN ke-XXVII, di Jakarta.

“Kami akan siapkan 13 laptop yang akan digunakan untuk keperluan perekaman sidik jari peserta,” kata Khoirudin, melalui siaran pers Bimas Islam, Jumat (7/9/2018).

Menurut Khoirudin, mengingat jumlah peserta cukup banyak, maka perekaman sidik jari akan dibuat terjadwal. MTQN ke–XXVII diperkirakan akan diikuti oleh 1.555 peserta dari 34 provinsi se-Indonesia.

“Para peserta, setibanya di Medan akan melakukan daftar ulang sekaligus perekaman sidik jari. Dan perekaman itu akan diulang lagi ketika peserta akan naik panggung untuk berlomba,” kata Khoirudin.

Para kafilah peserta MTQN ke-XXVII diperkirakan mulai datang ke Medan pada 3 Oktober 2018. Sementara MTQ Nasional ke-XXVII direncanakan akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 6 Oktober 2018.

“Kita akan melakukan perekaman sidik jari peserta pada tanggal 4 dan 5 Oktober 2018, berlokasi di Asrama Haji Medan,” jelas Khoirudin.

Khoirudin menambahkan, tahun ini juga untuk pertama kalinya MTQ Nasional menggunakan aplikasi e-Maqra. Hal ini diharapkan menjadikan MTQ semakin berkualitas. Maqra adalah soal atau daftar ayat yang nantinya akan dibaca oleh peserta.

“Jika selama ini pengambilan maqra dilakukan manual, maka tahun ini akan menggunakan aplikasi e-Maqra,” tambah Khoirudin.

Rakor persiapan MTQ Nasional ke–XXVII tersebut dipimpin oleh Direktur Penerangan Agama Islam (Penais) Kemenag Khoirudin. Hadir dalam rakor Ketua Pelaksana Harian MTQN ke-XXVII Zonny Waldi, seluruh kordinator bidang panitia pelaksana pada MTQ Nasional ke-XXVII.

Tampak hadir pula dalam rakor tersebut Asisten Deputi Pembinaan Umat Beragama, Pendidikan Agama dan Keagamaan Kemenko PMK Sahlan, perwakilan Kementerian Perhubungan, perwakilan Kemenkominfo, perwakilan Kemendagri. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here