Hikmah Rahmani: Rahasia Malam Qadr

220

Oleh: Habib Abdul Rahman Al-Habsyi (Majelis Sahabat Iman Peduli/Ketua Yayasan Syekh Ali Jaber)

Para Ahli Tafsir menyebutkan tiga makna Lailatul Qadar. Pertama, Qadr artinya kemuliaan derajat dan kedudukan yang tinggi di sisi Allah Ta’ala. Lailatul Qadar menjadi malam yang mulia, kata al-Fakhrurazi, dalam tafsirnya karena fa’il dan fi’il, karena pelaku dan apa yang dilakukannya.

Orang yang melakukan ibadah dan amal shaleh pada malam ini akan menjadi orang yang mulia dan ketaatan yang dilakukan pada malam ini juga memiliki nilai yang sangat tinggi di hadapan Allah Ta’ala.

Kedua, Qadr berarti juga sempit. Disebut “Lailatul Qadar sebab sempitnya bumi karena diturunkannya malaikat”.

تَنَزَّلُ الۡمَلٰٓٮِٕكَةُ وَالرُّوۡحُ فِيۡهَا بِاِذۡنِ رَبِّهِمۡ‌ۚ مِّنۡ كُلِّ اَمۡرٍ

Pada malam itu turun para malaikat dan Rµh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan.

Ketiga, Qadr berarti ketentuan ilahi dalam kehidupan manusia. “Inilah malam ketika Allah menentukan takdir semua peristiwa dalam tahun tersebut, hidup dan mati, suka dan duka, tenang dan damai dan lain-lain.

Hal ini dipertegas dalam Surat Ad-Dukhan ayat 4 – 5:

”Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah, (yaitu) urusan yang besar dari sisi Kami. Sesungguhnya Kami adalah Yang mengutusnya (rasul-rasul)”.

Marilah kita perbaiki takdir kita pada malam perubahan takdir ini dengan amal-amal shaleh kita. Sampaikan do’a-do’a indah yang kita pasrahkan kepada Allah agar turunkan aneka Rahmat dan BerkahNya.

Mintalah pemaafanNya yang begitu mulia diturunkan kepada kita sehingga saat terbuka pintu maafNya, maka menjadi mudahlah kita menjemput malam Qadr tersebut.

اللَّهُمّ إنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ العَفْوَ فاعْفُ عَنِّي

Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni

“Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf yang menyukai permintaan maaf. Maka maafkanlah aku,” (Diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi, An-Nasa’ dan Ibn Majah).

“Kepada Allah naik doa-doa yang baik dan amal shaleh yang mengangkatnya,” (QS.Al-Fathir 35:10).

Selamat menjemput Malam Qadr saudaraku.

Barokallah fiikum.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here