Heboh karena Jokowi, Apa sih Bipang Ambawang?

255
Presiden Jokowi.

Jakarta, Muslim Obsession – Jagad maya kembali heboh. Kali ini kehebohan disebabkan pernyataan Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi saat mempromosikan kuliner khas daerah di sebuah tayangan video yang disiarkan di stasiun televisi swasta dan viral di media sosial, khususnya Twitter, Sabtu (8/5).

Di video tersebut Jokowi mengajak masyarakat untuk memesan beberapa kuliner khas daerah, salah satunya Bipang Ambawang.

“Untuk bapak/ibu dan saudara-saudara yang rindu kuliner khas daerah atau yang biasannya mudik membawa oleh-oleh, tidak perlu ragu untuk memesannya secara online. Yang rindu makan gudeg Jogja, bandeng Semarang, siomay Bandung, empek-empek Palembang, bipang ambawang dari Kalimantan dan lain-lainnya tinggal pesan, dan makanan kesukaan akan diantar sampai ke rumah,” ujar Jokowi.

Penyebutan bipang ambawang menjadi sorotan netizen sebab video itu dinilai keliru dalam pembuatannya karena saat ini umat Islam tengah menjalani ibadah di bulan suci Ramadhan dan menyambut Idul Fitri.

Sontak, ajakan Jokowi tersebut menyulut kehebohan. Beberapa pihak pun mempertanyakan mengapa Jokowi merekomendasikan Bipang Ambawang.

Disebut oleh Jokowi, akun IG @bipangambawang mengaku bangga karena turut dipromosikan oleh orang nomor satu di negeri ini.

“Sebuah kebanggaan kami dapat disebut oleh bapak Presiden @jokowi dalam pidato tadi malam di Kompas TV. Seperti yang disebutkan, Bipang Ambawang menerima pengiriman ke luar kota di seluruh Indonesia,” tulis akun tersebut.

Lalu, apa sih sebenarnya Bipang Ambawang?

Menilik akun IG @bipangambawang, Bipang Ambawang adalah mereka dagang bagi kuliner khas Ambawang, salah satu kecamatan di Kalimantan Barat. Bipang sendiri merupakan singkatan dari Babi Panggang.

Bipang sendiri menjadi daya tarik pengunjung dan pelancong dari berbagai daerah yang ingin mencicipi daging babi panggang khas Ambawang.

Mengetahui Bipang Ambawang, tentu saja babi panggang menjadi kuliner yang haram dikonsumsi umat Islam. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here