Hebat! 500 Eks Pasien COVID-19 Sumbangkan Plasma Imun

330
Di Turki, 500 eks pasien Covid-19 menyumbangkan plasma kekebalan untuk membantu pasien lainnya. (Foto: AA)

Istanbul, Muslim Obsession – Para pasien yang telah pulih dari virus Corona beramai-ramai menyumbangkan plasma kekebalan untuk membantu orang lain dengan pengobatan. Setidaknya 500 pasien mendonasikan plasma untuk membantu orang lain agar pulih dari virus Corona.

Kepala Bulan Sabit Merah Turki Kerem Kinik mengatakan, lebih dari 800 komponen plasma kekebalan tersedia untuk kementerian kesehatan dan rumah sakit universitas.

“Tim kami sekarang telah menghubungi 3.000 warga yang disembuhkan, dan 1.150 dari mereka memenuhi syarat untuk sumbangan plasma kekebalan ini, 500 di antaranya menyumbangkan plasma kekebalan,” kata Kinik.

“Saat ini, 3.500 spesialis telah berkumpul,” sambungnya, seperti dilansir Anadolu, Sabtu (25/4/2020).

Menurutnya, saat ini plasma kekebalan diketahui sebagai senjata terkuat melawan virus. Beruntung, dari 3.000 yang dihubungi sangat sedikit yang menolak untuk menyumbangkan plasma.

Donasi darah sangat dibutuhkan

Kinik menegaskan, periode donor darah terisolasi telah berkurang bersamaan dengan berkurangnya stok darah.

“Secara khusus, kami meminta donor darah reguler untuk membuat sumbangan mereka dari apheresis dan donor trombosit selama periode ini,” katanya.

Di Turki, warga yang ingin menyumbangkan darahnya dapat menunjukkan pesan teks penunjukan kepada pejabat keamanan dan pergi ke pusat Bulan Sabit Merah untuk menyumbangkan darah.

Seperti diketahui, setelah mewabah China sejak Desember lalu, COVID-19 menyebar ke setidaknya 185 negara dan wilayah. Eropa dan Amerika Serikat saat ini adalah wilayah yang paling terpukul.

Pandemi telah menewaskan lebih dari 195.000, dengan total infeksi mendekati 2,8 juta, sementara lebih dari 781.100 telah pulih, menurut angka yang dikumpulkan oleh Johns Hopkins University yang berbasis di AS. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here