Hauqalah, Dzikir Ringan Penghilang Kesulitan

1266

Muslim Obsession – Setiap manusia pasti pernah diliputi kesulitan dalam hidupnya. Terlebih saat ini, ketika virus Corona membuat kebanyakan orang panik dan merasa semakin sulit kehidupannya.

Sebagai ajaran yang paripurna, Islam mengajarkan umatnya untuk terhindar dari setiap kesulitan. Caranya, berdzikir dengan menyebut dan mengingat Allah subhanahu wa ta’ala. Dengan berdzikir, hati akan menjadi tenang dan Allah akan mudahkan hamba-Nya untuk keluar dari kesulitan-kesulitan yang dihadapinya.

Salah satu dzikir yang dianjurkan agar seseorang merasa tenang menghadapi kesulitannya adalah dengan membaca Hauqalah atau Lā haula wa lā quwwata illā billāhil ‘aliyyil azhīmi.

لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ العَلِيِّ العَظِيْمِ

Lā haula wa lā quwwata illā billāhil ‘aliyyil azhīmi

Artinya, “Tiada daya dan upaya kecuali dengan kekuatan Allah yang maha tinggi lagi maha agung.”

Dikutip dari Laduni, ada berapa keutamaan yang terkandung di dalam lafazh Hauqalah ini. Syekh M Nawawi Al-Bantani menyebutkan sejumlah keutamaan lafal hauqalah yang dikuitp dari hadits riwayat Ibnu Abid Dunya.

ومن خواصها ما في فوائد الشرجي قال ابن أبي الدنيا بسنده إلى النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال من قال كل يوم لا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم مئة مرة لم يصبه فقر أبدا اهـ

Artinya, “Salah satu keistimewaan lafal hauqalah ini adalah apa yang disebutkan di dalam Fawaidus Syarji, yaitu hadits riwayat Ibnu Abid Dunya dengan sanad tersambung hingga Rasulullah SAW bahwa ia bersabda, ‘Siapa saja yang membaca Lā haula wa lā quwwata illā billāhil ‘aliyyil azhīmi setiap hari sebanyak 100 kali, maka ia selamanya takkan ditimpa oleh kefakiran,’” (Lihat Syekh M Nawawi Banten, Kasyifatus Saja, [Indonesia, Daru Ihyail Kutubil Arabiyyah], halaman 5).

Syekh M Nawawi Banten juga mengutip hadits yang menjelaskan keutamaan lafal Lā haula wa lā quwwata illā billāhil ‘aliyyil azhīmi. Menurutnya, hauqalah merupakan lafazh yang baik dibaca ketika seseorang tengah dirundung kesulitan dan kebuntuan.

وروي في الخبر أيضا إذا نزل بالإنسان مهم وتلا لا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم ثلا ثمائة فرج الله عنه أي أقلها ذلك ذكره شيخنا يوسف في حاشيته على المعراج

Artinya, “Diriwayatkan di dalam hadits juga bahwa bila kebimbangan hinggap di hati seseorang lalu ia membaca Lā haula wa lā quwwata illā billāhil ‘aliyyil azhīmi sebanyak 300 kali, niscaya Allah membukakan jalan keluar baginya, maksudnya Allah mengurangi beban kesulitannya. Hal ini disebutkan oleh guru kami, Syekh Yusuf dalam hasyiyah Mi’raj-nya,” (Lihat Syekh M Nawawi Banten, Kasyifatus Saja, [Indonesia, Daru Ihyail Kutubil Arabiyyah], halaman 5).

Wallahu A’lam bis Shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here