Hati-Hati Makan Es Batu, Ini Bahayanya!

1131
Mengkonsumsi es batu ternyata ada dampak negatifnya.

Muslim Obsession – Cuaca panas tengah melanda sebagian besar wilayah di Tanah Air. Ketika siang terik, enaknya memang kita mencari minuman dingin yang menyegarkan tenggorokan. Minuman dingin dengan tambahan es batu pun seringkali jadi pilihan.

Eit, tapi hati-hati. Alih-alih menyegarkan tenggorokan, ternyata sering makan es batu bisa menimbulkan sejumlah masalah kesehatan.

Baca juga:

9 Cara Alami dan Islami Atasi Diabetes

Waspadai 6 Gangguan Kesehatan Akibat Kebanyakan Makan Daging

7 Tips Menjaga Kesehatan Jantung bagi Lansia

Dikutip dari Alo Dokter, memakan es batu menyebabkan dampak negatif bagi tubuh. Salah satu bagian tubuh yang dapat terganggu akibat kebiasaan memakan es batu adalah gigi. Gigi memang bagian terkuat tubuh, tapi bukan berarti menghancurkan atau menggigit es batu setiap harinya aman bagi gigi Anda.

Makan es batu secara berlebihan dapat mengikis lapisan pelindung atau email gigi. Email gigi yang tipis bisa menyebabkan gigi sensitif, sehingga gigi mudah terasa ngilu dan nyeri.

Selain itu, masalah lain dari terlalu sering mengonsumsi es batu juga terkait dengan pengolahan dan penyimpanan es batu yang kurang bersih atau tidak higienis.

Jika es batu yang dimakan tidak bersih, dapat terjadi penularan berbagai kuman, virus, dan parasit pembawa penyakit, seperti gastroenteritis atau diare, demam tifoid, shigellosis, hepatitis A, dan kolera.

Oleh karena itu, jika ingin mengonsumsi es batu, pastikan bahwa es tersebut dibuat menggunakan air yang bersih dan disimpan atau diproduksi secara higienis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here