Hari Libur, Yuk Kunjungi Kerabat dan Sahabat. Banyak Manfaatnya Lho!

136

Pada riwayat lain dari ‘Ubadah bin Ash Shamit, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Sungguh Aku mencintai orang yang saling mencintai karena-Ku. Sungguh Aku pun mencintai orang yang saling berkunjung karena-Ku. Sunguh Aku mencintai orang yang saling berderma karena-Ku. Sungguh aku mencintai orang yang saling bersedekah karena-Ku. Begitu pula dengan orang yang saling menyambung (hubungan kekerabatan) karena-Ku,” (HR. Ahmad 5/229. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Demikianlah beberapa keutamaan mengunjungi kerabat dan sahabat. Tentu saja keutamaan-keutamaan itu akan didapat jika seseorang melakukannya dengan ikhlas karena mengharap ridha Allah ‘azza wa jalla.

Baca juga: 6 Hadiah yang Allah Berikan Khusus Bagi orang Bertakwa

Dan bagi yang mendapatkan kunjungan, sebisa mungkin menjamu tamunya dengan jamuan yang terbaik sebagai cara memuliakan tamu. Hal ini pun sangat dianjurkan Allah dan Rasul-Nya.

Dari Anas bin Malik, ia berkata, “Jika ada yang mengunjungi kalian, maka muliakanlah,” (diriwayatkan dalam Musnad Asy Syihab).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Siapa saja yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir, hendaklah ia berkata baik atau diam. Siapa saja yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir, hendaklah ia memuliakan tetangganya. Siapa saja yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir, hendaklah ia memuliakan tamunya,” (HR. Mutafaqun ‘alaih dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu).

Wallahu a’lam bish shawab. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here