Hari Libur, Yuk Kunjungi Kerabat dan Sahabat. Banyak Manfaatnya Lho!

140

3. Mendapatkan keshalihan

Lalu bagaimana dengan mengunjungi orang-orang shalih? Islam pun sangat meganjurkan hal ini. Salah satu tujuannya adalah agar kita bisa tertular keshalihannya dan bisa mendapat bau harum kebaikannya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan tamsil dalam hal menjalin pertemanan dengan orang shalih ini. Beliau bersabda:

“Seseorang yang duduk (berteman) dengan orang shalih dan orang yang jelek adalah bagaikan berteman dengan pemilik minyak misk dan pandai besi. Jika engkau tidak dihadiahkan minyak misk olehnya, engkau bisa membeli darinya atau minimal dapat baunya. Adapun berteman dengan pandai besi, jika engkau tidak mendapati badan atau pakaianmu hangus terbakar, minimal engkau dapat baunya yang tidak enak,” (HR. Bukhari no. 2101, dari Abu Musa).

Baca juga: Jangan Melaknat dan Mendoakan yang Buruk!

4. Mendapatkan cinta dari Allah

Seseorang yang mengunjungi sesama Muslim karena Allah akan mendapatkan kecintaan dari-Nya. Nah, hadiah terbesar apa yang bisa melebihi cinta Allah subhanahu wa ta’ala? Jika Allah sudah mencintai seorang hamba, maka seluruh makhluk pun akan mencintai hamba tersebut.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Sesungguhnya seseorang ada yang ingin mengunjungi saudaranya di kota lain. Allah lalu mengutus malaikat untuknya di jalan yang akan ia lalui. Malaikat itu pun berjumpa dengannya seraya bertanya, ‘Ke mana engkau akan pergi? Ia menjawab, ‘Aku ingin mengunjungi saudaraku di kota ini?’ Malaikat itu bertanya kembali, ‘Apakah ada suatu nikmat yang terkumpul untukmu karena sebab dia?’ Ia menjawab, ‘Tidak. Aku hanya mencintai dia karena Allah ‘azza wa jalla.’ Malaikat itu berkata, ‘Sesungguhnya aku adalah utusan Allah untukmu. Allah sungguh mencintaimu karena kecintaan engkau padanya’.” (HR. Muslim no. 2567).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here