Hari Libur, Yuk Kunjungi Kerabat dan Sahabat. Banyak Manfaatnya Lho!

140

1. Amalan ahli surga

Suatu ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya tentang amalan yang dapat memasukkan ke dalam surga, kemudian beliau jawab: “Sembahlah Allah, janganlah berbuat syirik pada-Nya, dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan jalinlah tali silaturahim (dengan orangtua dan kerabat),” (HR. Bukhari dari Abu Ayyub Al Anshori).

Dalam konteks hadits di atas, upaya menjalin silaturahim dengan orangtua dan kerabat dapat memasukkan seseorang ke dalam surga. Silaturahim ini sangat dianjurkan agar hubungan dengan orangtua dan kerabat senantiasa indah dan terjaga erat.

Sebaliknya, ancaman mengerikan ditujukan kepada siapapun yang dengan sengaja memutuskan tali silaturahim. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Allah ’azza wa jalla berfirman: Aku adalah Ar Rahman. Aku menciptakan rahim dan Aku mengambilnya dari nama-Ku. Siapa yang menyambungnya, niscaya Aku akan menjaga haknya. Dan siapa yang memutusnya, niscaya Aku akan memutus dirinya,” (HR. Ahmad 1/194, shahih lighoirihi).

Baca juga: 6 Adab Bertamu yang Harus Diajarkan kepada Anak-Anak

2. Memanjangkan umur dan melapangkan rezeki

Saling mengunjungi kerabat dapat meningkatkan hubungan baik dan kecintaan. Jika sudah berjalan sedemikian baik, maka silaturahim dapat menjadi washilah terbukanya pintu rezeki. Bahkan juga bisa memanjangkan umur.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa yang suka dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah dia menyambung silaturrahim,” (HR. Bukhari no. 5985 dan Muslim no. 2557).

Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma berkata, “Siapa yang bertakwa kepada Rabb-nya dan menyambung silaturrahim niscaya umurnya akan diperpanjang dan hartanya akan diperbanyak serta keluarganya akan mencintainya,” (diriwayatkan oleh Bukhari dalam Adabul Mufrod no. 58, hasan).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here