Hari Hijab Dunia 1 Februari, Usung Solidaritas Tanpa Batas

1054

Muslim Obsession – Enam tahun lalu tepatnya hari ini, Kamis (1/2/2018) dimulai oleh Nazma Khan, seorang wanita muslim di New York yang mengalami pelecehan fisik dan emosional karena ia mengenakan hijab.

Sejak itu, pada tanggal 1 Februari setiap tahun, komunitas di seluruh dunia menyelenggarakan Hari Hijab Dunia. Yakni, sebuah undangan terbuka untuk seluruh wanita mengenakan hijab untuk sehari dalam solidaritas dengan wanita muslim di seluruh dunia. Idenya adalah menciptakan dunia yang lebih damai di mana orang saling menghormati.

The World Hijab Day (Hari Hijab Dunia) ini pun tidak hanya dipartisipasi oleh muslimah seluruh dunia, namun oleh wanita non muslim. Pada laman resminya, wanita seluruh dunia boleh berbagi cerita pengalaman mereka tentang hijab.

“Aku dan sahabatku! Jennifer Adalah Katolik dan aku muslim alhamdulillah,” tulis Gabriela Diana Murill dari Bolivia di laman Facebook World Hijab Day pada Kamis (1/2/2018).

Tidak hanya itu, siapa pun bisa menerbitkan cerita tentang tantangan diskriminasi dan bagaimana mereka berjuang untuk memakai hijab. Salah satunya ialah Aleenah Suleik Balimbingan, Filipina.

“Kamu harus kuat dan berjuang untuk keyakinanmu. Jangan biarkan tekanan masyarakat mendiktemu. Kamu adalah siapa kamu, Allah Swt. menyempurnakan kamu. Jangan tertipu dengan janji-janji dunia ini, pujilah Allah Swt. dan berdiri kuat terhadap kesenangan duniawi ini,” tulisnya.

Hari Hijab Sedunia ini didukung oleh Menteri Pertama Skotlandia, Nicola Sturgeon dan Gordon Macdonald, Partai Nasional Skotlandia (SNP), anggota parlemen Skotlandia (MSP) untuk edinburgh pentlands, Skotlandia. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here