Hakikat Merdeka Menurut UAS, UAH, Aa Gym dan Para Pedakwah Indonesia Masa Kini Lainnya

122

Jakarta, Muslim Obsession – Meski tengah dirundung wabah COVID-19 sehingga tak ada perayaan yang berlebihan, peringatan HUT Kemerdekaan ke-75 RI tetap berlangsung khidmat. Ucapan doa pun mengalir deras membanjiri laman-laman media sosial.

Tak ketinggalan, para dai atau pedakwah yang lazim berdakwah di media sosial pun turut mengucapkan doa dan pendapatnya tentang hakikat kemerdekaan.

“Merdeka adalah ketika ketika kita bebas dari penjajahan hawa nafsu,” tulis Ustadz Abdul Somad (UAS) di akun Instagram @ustadzabdulsomad_official. Meski singkat, UAS menyertakan tiga slide foto saat dirinya melaksanakan upacara bendera.

“Hakikat Kemerdekaan Adalah Terbebasnya Kita dari Perbudakan Kepada Selain Allah SWT dan Membebaskan Hawa Nafsu Kita dari Cinta Tahta dan Dunia Menuju Cinta Kepada Allah SWT dan Rasulullah SAW,” demikian tulis Pengasuh LPD Al-Bahjah Buya Yahya di akun Instagram @buyayahya_albahjah.

“Selamat HUT Kemerdekaan NKRI. Semoga dapat lebih mensejahterakan rakyat Indonesia dan mendobrak Oligarki…Merdeka itu ketika Penjajahan Asing Lahir dan Bathin dapat dienyahkan dari bumi Pertiwi..Allahu Akbar…Merdeka…!” tulis Tengku Zulkarnain lewat @tengkuzulkarnain.id.

“Ingat !!! Setiap Kita melihat Bendera Merah Putih, Merah adalah bentuk pengorbanan, Putih adalah bentuk bekal Kita kembali kepada Allah saat Kita memasuki alam kubur Kita dengan membawa nilai-nilai kebaikan untuk Kita persembahkan dalam hisab Kita dihadapan Allah Subhanahu wa ta’ala, Merdeka Indonesiaku, Makmur Bangsanya, Sejahtera Rakyatnya.

Semoga Indonesia menjadi negara yang Allah Ridhoi, negara yang Allah bimbing untuk makmur dan sejahtera, menjadikan bangsa Indonesia, bangsa yang Sholeh dan baik dan menjadi negara yang terpandang di muka bumi ini,” ungkap Ustadz Adi Hidayat melalui akun @adihidayatofficial yang juga menyertakan video singkatnya.

“Renungan hari kemerdekaan: “Hidup ini keras, hanya orang yang kuatlah yang mampu bertahan. Hidup ini menyakitkan, hanya orang yang sabar dalam beramallah yang mampu membalikkan keadaan. MERDEKA!!!” tulis Gus Miftah lewat @gusmiftah.

“MERDEKA. Merdeka dari asing dan aseng. Merdeka menentukan arah bangsa. Merdeka untuk kembali ke PANCASILA DAN UUD’45,” catat Abah Haikal Hassan dalam di akun Instagram @haikalhassan_quote.

“Dirgahayu Republik Indonesia yang ke 75. Semoga Alloh Ta’ala memberikan keberkahan bagi negeri ini dan dapat menjadi bagian dari bukti keindahan Islam. Aamiin Ya Robbal alamin,” ungkap Pengasug Daarut Tauhid KH. Abdullah Gymnastiar, di akun @aagym.

Dan, Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin pun tak ketinggalan memaknai kemerdekaan melalui akun resminya, @wapres.go.id.

“Kemerdekaan yang diraih bangsa Indonesia merupakan suatu berkat, hasil dari kegigihan para pejuang bangsa. Perjuangan ini harus selalu kita teruskan untuk menjadi bekal dalam membangun bangsa.

Merdeka masa kini dapat diartikan sebagai sebuah kesempatan. Kesempatan berkarya terbuka luas untuk membantu keberlangsungan bangsa ini. Bangsa Indonesia harus bersatu menjaga dan memelihara Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 untuk melindungi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75. Perkokoh kedaulatan dan jaga semangat persatuan dan kesatuan untuk Indonesia Maju,” tulis ulama Nahdlatul Ulama yang juga rajin menulis di media sosial ini. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here