Haji 2021 Batal, Muhammadiyah: Keselamatan Lebih Utama

80
Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti. (Foto: Suara Muhammadiyah)

Jakarta, Muslim Obsession – Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menyambut baik keputusan pemerintah tak memberangkatkan haji 2021. Keputusan tersebut dinilai tepat, karena pemerintah lebih mengedepankan keselamatan masyarakatnya atau jamaahnya.

“Umat Islam sebaiknya memahami kondisi yang belum aman. Di dalam ajaran Islam, menjaga keselamatan jauh lebih utama dan hendaknya lebih diutamakan,” kata Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti, Kamis (3/6/2021).

Dia menilai keputusan tersebut mengutamakan keselamatan jamaah. Menurutnya, langkah itu sesuai syariat Islam dan Undang-undang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah.

Terpisah, Ketua PP Muhammadiyah Dadang Kahmad juga memaklumi keputusan pemerintah tidak memberangkatkan jamaah haji. Dia menyebut keputusan itu adalah yang terbaik saat ini.

“Pandemi belum reda di banyak negara, dikhawatirkan terjadi penularan varian baru. Waktu juga sudah tidak memungkinkan untuk persiapan maupun pemberangkatan jamaah haji,” tulis Dadang lewat pesat singkat.

Sebelumnya, pemerintah memutuskan untuk tidak mengirim jamaah haji tahun ini. Keputusan tersebut membuat Indonesia tidak memberangkatkan jamaah haji dalam dua tahun terakhir karena pandemi Covid-19.

Ada sejumlah hal yang jadi pertimbangan pemerintah. Selain pandemi yang masih berlangsung, Arab Saudi juga tak memberi kejelasan soal penyelenggaraan ibadah haji tahun ini. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here