Haji 2020 Sukses Tanpa Corona, Arab Saudi Berencana Buka Kembali Umrah

162

Riyadh, Muslim Obsession – Pelaksanaan Haji 2020 berlangsung sukses tanpa ada satu jamaah pun yang terinveksi corona. Jamaah juga tidak ada yang sakit. Dengan aturan protokol kesehatan itu, alhamdulillah pelaksanaan haji berjalan dengan lancar.

Suksesnya pelaksanaan haji juga mendapat apresiasi dari para pemimpin Muslim dunia. Termasuk dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Melalui sambungan telpon, Jokowi berbicara langsung dengan Raja Salman, dan menyampaikan selamat atas suksesnya pelaksanaan haji 2020.

Berkaca dari pengalaman itu, Wakil Sekretaris Kementerian Haji dan Umrah Hussein al-Sharif mengatakan bahwa kementerian akan mengkompilasi pelajaran yang bisa diambil dari prosedur ibadah haji tahun ini dengan berbagai protokol kesehatan yang ketat.

Hal itu akan dijadikan bahan pelajaran untuk kemungkinan memulai persiapan ibadah umrah sebagaimana dilansir dari Al Arabiya, Selasa (4/8/2020).

Pada akhir Februari, Arab Saudi melarang masuknya orang luar yang ingin beribadah umrah di Mekkah atau mengunjungi Masjid Nabawi di Madinah.

Keputusan tersebut diambil otoritas Arab Saudi untuk menekan penyebaran virus corona. Pada 4 Maret, Kerajaan Arab Saudi juga menangguhkan ibadah umrah bagi warga Mekkah dan rakyat Arab Saudi secara keseluruhan.

Imam Besar Masjidil Haram Sheikh Abdulrahman bin Abdulaziz al-Sudais mengumumkan keberhasilan ibadah haji 2020.

Dia menambahkan pihak berwenang melindungi para jamaah dan memastikan kepatuhan terhadap protokol kesehatan yang ketat karena pandemi virus corona.

Pasukan keamanan kerajaan membenarkan bahwa tidak ada seorang pun yang dapat memasuki situs-situs suci di Mekah dan Madinah tanpa izin resmi selama periode haji.

Otoritas Arab Saudi hanya mengizinkan 10.000 jamaah haji tahun ini karena pandemi Covid-19. Padahal biasanya ada sekitar 2,5 juta umat muslim pergi berhaji setiap tahun saat musim haji. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here