Haedar Nashir Berduka Atas Wafatnya Cendekiawan Muslim Jalaludin Rahmat

132

Jakarta, Muslim Obsession – Cendekiawan Muslim Dr H Jalaluddin Rakhmat, M.Sc meninggal dunia diusia 71 tahun usai menjalani perawatan di rumah sakit di Bandung. Kabar meninggalnya pria yang akrab Kang Jalal ini membawa duka mendalam bagi saudara dan para krabatnya.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof Haedar Nashir turut menyampaikan dukacita atas meninggalnya Kang Jalal pada hari Senin 15 Februari 2021 sore.

Haedar mengatakan, Jalaludin Rakhmat pernah menjadi pengurus Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Jawa Barat, Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Kota Bandung, serta guru di SMP Muhammadiyah III Padasuka Bandung.

“Saya mengenal beliau ketika menjadi murid di SMP Muhammadiyah 3 Bandung, serta mengikuti Training Center Pemuda Wilayah Jawa Barat di mana Pak Jalal menjadi Master Of Training waktu itu,” kenang Haedar pada Senin (15/2).

Haedar mengenal Almarhum sebagai cendekiawan muslim yang produktif menulis dengan tulisan yang menarik, ceramah-cermahanya juga memikat.

Ia terkenal kritis, dan mampu mendekontruksi para pemikir Islam yang dianggap terlalu tekstual. Gagasan Islam yang modern dan berkemajuan Kang Jalal sangat akrab dikalangan mahasiswa Islam. Misalnya buku tentang Islam Aktual. Ia memilih berpikir yang beda dengan yang lain.

“Mungkin di belakang hari memilih jalur pemikiran yang berbeda dari arus utama cendekiawan muslim Indonesia, tetapi hal itu menjadi bagian dari dinamika seseorang dalam perjalanan hidupnya sekaligus keragaman dalam pemikiran keislaman di dunia Islam,” tutur Haedar.

Semoga almarhum husnul khatimah, diampuni kesalahannya, diterima amal shalehnya, serta ditempatkan di sisi Allah SWT. Keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan iman dan kesabaran. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here