Hadirkan 200 Ribu Wirausaha Baru, Anies Klaim Janji Kerjanya Terlampaui

114
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto: IG)

Jakarta, Muslim Obsession – Gubernur DKI Jakarta Aniew Baswedan menegaskan, janji kerja membuat 44 pusat pendampingan UMKM di setiap Kecamatan di DKI Jakarta yang dapat menghadirkan 200.000 wirausaha baru dapat terwujud.

Untuk merealisasikannya, jelas Anies, Pemprov DKI Jakarta menginisiasi Jakpreneur yang masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemprov DKI Jakarta.

“Alhamdulillah, target tersebut tidak hanya tercapai, tetapi bahkan terlampaui, berdasarkan data per 21 Oktober 2021, terdapat 281.812 peserta yang terdaftar dalam program Jakpreneur, tersebar di lima wilayah Kota dan satu Kabupaten Administrasi. Ini kolaborasi luar biasa, mereka menjadi mitra bekerja bersama kita,” tutur Anies dalam postingannya di akun Instagram, Senin (25/10/2021).

BACA JUGA: Mereka Ingin Anies Jadi Presiden

Anies menilai, terjadinya pandemi di luar dugaan, meski hal tersebut justru menjadi sebuah kesempatan bagi para pelaku UMKM untuk me-restart, untuk mulai dari awal.

“Kami di Jakarta memegang teguh bahwa kita tak akan mengecilkan yang besar, tapi membesarkan yang kecil dengan ekosistem usaha yang sehat dan proses pembinaan yang baik agar UMKM dapat berkembang,” jelasnya.

Selain merayakan pencapaian Jakpreneur pada malam apresiasi Jakpreneur Fest pada Ahad (24/10/2021), Pemprov DKI Jakarta memberikan penghargaan kepada para wirausahawan yang dapat dijadikan contoh.

Menurut Anies, para wirausahawan tesebut merupakan sosok entrepreneur yang tidak pesimistis. Sebaliknya, selalu bisa melihat kesempatan dalam kesempitan.

BACA JUGA: Antisipasi Curah Hujan, Anies Ajak Warga Jakarta Bersihkan Lingkungan

“Energi positif ini kita ingin sebarkan lebih jauh. Bukan hanya secara karya tapi optimisimenya,” tegasnya.

Selain memberikan penghargaan Jakpreneur of The Year yang dianugrahakan kepada UMKM Suwe Ora Jamu, acara ini juga menjadi kesempatan untuk penandatanganan perjanjian kerja sama antara Pemprov DKI Jakarta dengan e-commerce Shoppe.

Kerja sama ini termasuk pelatihan, pembinaan, dan pendampingan untuk UMKM Jakarta menuju ekspor. Kemudian penyaluran modal untuk pelaku usaha berupa voucher toko, voucher iklan, program gratis yang diberikan, hingga promosi bisnis pelaku UMKM di Shopee.

Selain itu juga perluasan pemasaran produk melalui platform Shopee, bahkan promosi ke berbagai negara tujuan ekspor melalui fitur pemasaran online.

“Tertarik untuk mulai wirausaha? Atau ingin mengembangkan usaha yang sedang dirintis? Mari bergabung dengan Jakpreneur!” ajak Anies. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here