Habib Rizieq Bisa Pulang ke Indonesia, Ini Saran Moeldoko

433

Jakarta, Muslim Obsession – Kabar mengenai Imam Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab masih ramai diperbincangkan. Terlebih dirinya menyebut dicekal oleh Pemerintah Arab Saudi atas saran Pemerintah Indonesia sehingga tidak bisa pulang ke Tanah Air.

Kembali menanggapi hal itu, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko pun, menegaskan pemerintah tidak pernah melakukan pencekalan. Ia menyarankan agar Rizieq berkomunikasi dengan Kedutaan Indonesia di Arab Saudi terkait kendala pemulangannya.

“Saya pikir lebih bagus membuka komunikasi dengan kedutaan. Kan sudah menjadi tanggung jawab kedutaan menerima persoalan yang dihadapi warganya di luar negeri,” kata Moeldoko di Gedung Bina Graha, Jakarta, Selasa, (26/11/2019).

Moeldoko mengatakan bahwa Rizieq selama ini tidak pernah berkomunikasi dengan Kedutaan Indonesia terkait pencekalan yang dihadapinya. Selain itu, kata dia, Rizieq juga hanya mengeluh di media sosial.

“Pak Mahfud (Menko Polhukam) mengatakan seperti itu. Enggak pernah koordinasi ke kedutaan, hanya di media sosial, sehingga tidak terjadi komunikasi yang baik mungkin,” kata dia.

Moeldoko kembali menegaskan bahwa pemerintah Indonesia tidak pernah mencekal kepulangan Rizieq. Mantan Panglima TNI itu mengaku sudah mengecek ke sejumlah instansi, seperti Kementerian Luar Negeri dan Imigrasi.

“Enggak ada pencekalan. Dan enggak boleh, sesuai undang-undang kan enggak boleh orang Indonesia dicekal sendiri.”

Rizieq Shihab bermukim di Mekah mulai pertengahan 2017, sejak terjerat sejumlah kasus yang salah satunya dugaan perbincangan mesum di telepon seluler. Pengusutan kasus tersebut dihentikan pada Juni 2018, tetapi Rizieq belum juga kembali ke Indonesia.

Isu kepulangan Rizieq sempat hangat diperbincangkan. Rizieq yang saat ini berada di Arab Saudi, mengaku tak bisa kembali ke Indonesia karena mengaku dicekal pemerintah Arab Saudi, atas permintaan pemerintah Indonesia. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here