Habib Luthfi Wanti-Wanti Muktamar NU Jangan Sampai Terjadi Pertikaian

59
Habib Luthfi bin Yahya (Foto: jatman)

Jakarta, Muslim Obsession – Anggota Majelis Tahkim Muktamar ke-34 NU, Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya atau Habib Luthfi meminta para calon ketua umum PBNU dan para pendukungnya untuk tidak membuat gaduh dengan mengeluarkan statmen yang bisa memicu polemik.

Pihaknya meminta atau mewanti-wanti agar jangan sampai Muktamar NU di Lampung nanti berlangsung ricuh. Potensi itu bisa saja terjadi, dan harus bisa dicegah dari sekarang dengan membuat kontrol dari masing-masing kanditat dan pendukungnya.

Hal itu ia sampaikan saat bertemu dengan Ketua Panitia Muktamar ke-34 NU, Imam Aziz di Duren Sawit, Jakarta Timur beberapa waktu lalu.

“Berharap bahwa kontestasi kandidat calon ketua umum PBNU tidak memunculkan pertikaian yang vulgar dan runcing. Apalagi hingga menimbulkan berbagai polemik di media,” kata Luthfi dalam keterangan resmi yang dikeluarkan Panitia Muktamar NU, Rabu (24/11).

Anggota dewan pertimbangan presiden itu ingin Muktamar NU berjalan baik sesuai dengan aturan-aturan dan etika penyelenggaraan. Ia tidak menginginkan adanya perbedaan yang tajam terkait kontestasi pencalonan.

“Apalagi dalam proses pelaksanaan muktamar nanti, berharap tidak ada lagi suara-suara yang membuat muktamar itu menjadi seolah-olah ajang politik saja. Ini adalah organisasi keagamaan dan harus menjunjung tinggi akhlakul karimah,” ujarnya.

Lebih lanjut, Luthfi menegaskan bahwa forum Muktamar NU tidak sekadar memilih ketua umum dan Rais Aam PBNU. Namun, juga harus menelurkan solusi kongkret terhadap sejumlah masalah, seperti keagamaan, sosial, politik, dan ekonomi, secara mendalam.

“Karena ini muktamar monumental, menyongsong abad kedua, sehingga muktamar ini harus betul-betul serius di dalam berpikir substansinya,” imbuh Luthfi.

Muktamar ke-34 NU sedianya akan digelar pada 23-25 Desember 2021 mendatang di Lampung. Kemungkinan gelaran itu akan dimundurkan atau dimajukan karena pemerintah menetapkan PPKM Level 3 guna mengantisipasi lonjakan Covid-19 selepas Libur Natal dan Tahun Baru 2022.

Sampai saat ini, terdapat kandidat calon Ketum PBNU yang diprediksi akan maju pada Muktamar Lampung. Mereka adalah Ketum PBNU saat ini, Said Aqil Siraj dan Katib Aam PBNU Yahya Cholil Staquf. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here