Habib Hanif: Meyakini Semua Agama Benar Bisa Menjerumuskan Kekafiran

153

Jakarta, Muslim Obsession – Ucapan Pangkostrad Letjen TNI Dudung Abdurrachman yang menyebut semua agama benar menuai banyaj kritikan dari para tokoh agama, termasuk dari Habib Hanif Alathas. Ucapan tersebut dianggap menyesatkan.

Habib Hanif mengingatkan kepada umat Islam agar hati-hati terhadap paham-paham pularisme yang sengaja digembar-gemborkan dengan mengatasnamakan toleransi. Padahal jika dicermati, paham pularisme yang menyebut semua agama benar adalah salah.

Bukan hanya diri, menurut ulama besar Indonesia, Imam Nawawi Al Bantani dalam kitab Raudhatut Thalibin mengatakan, bahwa barang siapa yang tidak menganggap Islam sebagai agama yang paling benar adalah kafir.

“Kalau kita bilang aduh saya nggak beranilah bilang agama saya benar, sapa tahu agama yang lain benar malah kita yang salah. Atau sama mengatakan semua agama benar, itu jelas kata Imam Nawasi omongan seperti itu dekat kekafiran,” ujar Habib Hanif dalam video ceramahnya yang beredar luas.

Meski seseorang tersebut ngaji, dan rajin ibadah, tapi kalau masih meyakini semua agama benar, kata Habib Hanif dalam Kitab Syekh Nawawi sangat berbahaya. “Hati-hati ucapan seperti ini bisa mendekatkan kita pada kekufuran. Bentengi anak-anak kita dari pemikiran seperti ini,” jelasnya.

Habib Hanif meminta umat Islam harus yakin bahwa agama yang benar di sisi Allah adalah Islam, yang lain salah. Meski begitu wajib bagi umat Islam menghormati hak hidup dan bermasyarakat dengan pemeluk agama lain.

“Jadi harus kita tanamkan agama yang benar Islam, agama yang diterima Allah Islam, yang lain tidak diterima. Tapi wajib kita berbuat baik kepada mereka karena Islam adalah rahmatan lil alamin,” tandasnya. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here