Gus Dur Tolak Negara Islam, Ini Alasannya

75
Almarhum KH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Muslim Obsession – Presiden ke-4 RI almarhum KH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dikenal sebagai tokoh yang kekeuh menentang adanya negara Islam di Indonesia.

Padahal sejatinya, Gus Dur merupakan tokoh sekaligus ulama yang pernah memimpin Ormas Islam terbesar di Tanah Air, Nahdlatul Ulama (NU).

Terkait ini, sebuah akun Instagram @gusdur_fans melansir potongan video dimana Gus Dur membeberkan alasan kenapa ia menentang adanya negara Islam di Indonesia.

“Saya tunduk dan menghormati syariat Islamiyah. Perkara saya menentang Piagam Jakarta untuk dimasukkan ke dalam Undang-Undang Dasar 1945, tidak berarti bahwa saya ini tidak ikut syariat,” ungkap Gus Dur.

Gus Dur yang pernah mengampu jabatan Ketua Tanfidziyah NU ini menegaskan bahwa syariat itu ada untuk dijalankan masyarakat, bukan negara.

Menurutnya, sikap ini harus jelas betul karena disahkan oleh Muktamar NU di Banjarmasin pada tahun 1935 atau sepuluh tahun sebelum proklamasi kemerdekaan.

“Nah, jadi di situ diputuskan bahwa untuk menjalankan syariat Islamiyah atau ajaran agama, tidak diperlukan Negara Islam. Titik!” tandas Gus Dur. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here