Gus Baha: Jangan Pura-Pura, Jadilah Orang Biasa Saja

87
Gus Baha.

Muslim Obsession – KH. Bahauddin Nursalim mengingatkan pentingnya memiliki sikap biasa saja, apa adanya, berperilaku sewajarnya. Bukan bersikap mengada-ada atau berpura-pura, karena hal itu bisa menjadi kesalahan fatal.

“Biasa saja, gak usah sok tampil shalih kebangetan. Kalau gak shalih beneran, bisa diaudit Tuhan,” kata kiai muda yang akrab disapa Gus Baha itu dalam sebuah video yang diunggah Gusbahagram.

Baca juga:

Gus Baha: Jangan Terlalu Banyak Berdoa

Barokahnya Istri Judes Menurut Gus Baha

Gus Baha: Indonesia Milik Bersama, Bukan Cuma PDI-P

Gus Baha menambahkan, bagi orang yang biasa tertawa, silakan tertawa apa adanya. Kalau tertawanya keras, sialkan tertawa keras seperti apa adanya.

Meski sebenarnya tertawa berlebihan bisa membuat hati menjadi mati, lanjutnya, tapi jika seseorang khusyuk karena ada maunya, maka itu lebih berbahaya.

“Dihisab karena tertawa berlebihan atau diam namun modus pura-pura shalih? Pilih mana? Lebih berat mana hisabnya? Berat pura-pura. Karena dampak pura-pura, setiap omongan dianggap benar. Padahal kadang gak ngerti sama sekali,” tegasnya.

Pengasuh Ponpes Tahfidzul Quran LP3IA Rembang ini menegaskan, orang yang memperlihatkan dirinya ke orang lain seakan-anak dia itu takwanya kelas A adalah seorang munafik.

“Melihat orang menggunjing, dia bilang ‘Astaghfirullah’. Melihat orang bahas politik, ia bilang ‘Astaghfirullah, orang sekarang lupa akhirat’. Padahal kalau di rumah dia ujub dan sombong gak karuan,” pungkasnya. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here