Gus Baha: Jangan Mencela Orang Tidak Tarawih karena Lagi Bekerja

129

Jakarta, Muslim Obsession – Shalat tarawih adalah ibadah di bulan Ramadhan yang sangat dianjurkan untuk bisa dijalankan. Namun, bagaimanapun shalat tarawih adalah hukumnya sunnah bukan wajib. Karena itu ada juga umat Islam yang tidak melaksanakan shalat tarawih dengan sejumlah alasan.

KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha juga menghimbau bagi yang mampu dan tidak berhalangan untuk melaksanakan shalat tarawih. Namun, bagi yang suka shalat tarawih tak perlu mencela orang yang tidak tarawih karena memang lagi sibuk bekerja. .

“Hindarilah omongan seperti misalnya saat bulan Ramadhan, ‘Rugi Ramadhan hanya setahun sekali kok nggak shalat tarawih di masjid berjamaah’,” katanya seperti dikutip dari unggahan Facebook Santrionline, Kamis (22/4/2021).

“Di luar sana itu, ada satpam, penjaga toko, tukang ojek, tukang parkir, dan banyak pekerja di malam hari yang mungkin menangis di dalam hati. Mereka juga ingin tarawih, tapi apa daya mereka sedang bekerja,” lanjut Gus Baha.

Santri dari Mbah Maimun Zubair itu menjelaskan, shalat tarawih hukumnya adalah sunah. Sedangkan bekerja, apalagi untuk keluarga hukumannya adalah wajib.

“Tarawih itu sunnah. Sementara mencari nafkah itu wajib. Menghindari diri dari kemiskinan secara ekonomi supaya tidak menjadi beban orang lain, itu hal yang utama,” jelasnya

Gus Baha melanjutkan, Nabi Muhammad SAW sendiri tidak melakukan shalat Tarawih dengan penuh. Hal itu dikarenakan, Nabi Muhammad takut shalat Tarawih dianggap sebagai hal yang wajib oleh umatnya.

“Dan dalam riwayat jelas sekali, Kanjeng Nabi (Muhammad) itu sangat mencintai shalat tarawih, tapi beliau sengaja meninggalkannya setelah beberapa hari shalat, supaya tarawih tidak dianggap sebagai ibadah wajib,” ujar Gus Baha. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here