Guru Sekumpul: Ulama Kharismatik dari Tanah Kalimantan

437

Muslim Obsession – Nama lengkapnya Muhammad Zaini bin Abdul Ghani Al Banjari. Beliau merupakan seorang ulama dan tokoh yang sangat kharismatik dari tanah Kalimantan.

Muhammad Zaini atau yang biasa dikenal dengan sebutan Guru Sekumpul, lahir di Kampung Tunggul Irang, Martapura 11 Februari 1942 (27 Muharram 1361 H). Ia wafat dalam usia 63 tahun di Martapura pada 10 Agustus 2005.

Guru Sekumpul merupakan keturunan ke-8 dari ulama besar tanah Banjar, Maulana Syekh Muhammad Arsyad bin Abdullah Al Banjari.

Adapun silsilah beliau, Muhammad Zaini bin Abdul Ghani bin Abdul Manaf bin Muhammad Semman bin Muhammad Sa’ad bin Abdullah bin Mufti Muhammad Khalid bin Al’alimul Allamah Al Khalifah Hasanuddin bin Syaikh Muhammad Arsyad bin Abdullah Al Banjari (Datuk Kalampayan).

Guru Sekumpul dikaruniai dua putra dari istri keduanya, Hajjah Laila, yakni Muhammad Amin Badali al-Banjari dan Ahmad Hafi Badali al-Banjari.

Dalam banyak riwayat, Guru Sekumpul memiliki beberapa kisah karomah. Di antaranya saat masih di Kampung Keraton, Guru Sekumpul biasanya duduk dengan beberapa orang sambil bercerita tentang orang-orang terdahulu untuk mengambil pelajaran dari kisah itu. Suatu saat beliau bercerita tentang buah rambutan, yang saat itu belum musimnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here