Gubernur Jateng Ingin Ada Masjid di Klenteng Sam Poo Kong

753

Semarang, Muslim Obsession — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta pengelola Sam Poo Kong (Klenteng Gedong Batu) Semarang menyiapkan satu tempat bagi pembangunan masjid, di kawasan lingkungan cagar budaya tersebut.

Tujuannya, selain untuk menguatkan spirit pluralisme, sejarah ketokohan Laksamana Cheng Ho juga bisa mengedukasi generasi masa kini.

“Selain karena Laksamana Cheng Ho juga seorang muslim, semangat pluralisme tinggi akan terwujud dan pengunjung mengetahui sejarah perjalanan Cheng Ho dan pembangunan klenteng ini,” kata Ganjar ketika menghadiri Peringatan Tahun Baru Imlek di Klenteng Sam Poo Kong, Selasa (5/2/2019).

Ganjar mengatakan, destinasi wisata religi seperti Klenteng Sam Poo Kong ini memiliki magnet besar, sehingga pengunjungnya juga akan mendapatkan pengalaman yang tak biasa.

Di sisi lain ia juga memuji penataan yang ada di kawasan klenteng Sam Poo Kong dan menyebutnya sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di level domestik maupun internasional.

Pada kesempatan itu Ganjar mengharapkan agar pengelola klenteng tetap memperhatikan kebersihan agar pengunjung merasa lebih nyaman.

Adapun untuk menarik banyak pengunjung, Ganjar mengusulkan pengelola juga kreatif untuk ciptakan event-event menarik berkelas nasional serta menambah suovenir dan kulinernya.

“Tetapi harganya jangan ngepruk (terlalu mahal),” katanya.

Pada kesempatan itu, Ganjar tak lupa menyapa pengunjung seraya meminta pengunjung agar turut menjaga dan merawat Sam Poo Kong. Menurutnya, situs cagar budaya ini senantiasa dijaga karena merupakan simbol kerukunan dan kemakmuran.

Perayaan Tahun Baru Imlek 2570 di Klenteng Sam Poo Kong berlangsung meriah. Berbagai kegiatan digelar dengan tema unik, untuk mendorong harmonisasi antar umat dan etnis.

Kali ini digelar bazaar kuliner, lomba kreasi tumpeng, festival keroncong, barongsai, kostum figure hingga pagelaran reog Bali tersebut.

Peringatan Tahun Baru Imlek, di Klenteng Sam Poo Kong dilangsungkan sejak Jumat (1/2) hingga Senin (4/2). Hari ini merupakan puncak acara perayaan Imlek. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here