Gubernur Jabar Dukung Asrama Haji Indramayu Jadi Pusat Wisata Religi

141
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Foto: Kompas)

Jakarta, Muslim Obsession – Gubernur Jabar Ridwan Kamil mendukung rencana menjadikan asrama haji Indramayu sebagai pusat wisata religi. Gubernur bahkan sudah memberikan bantuan untuk dana pembangunan masjid di asrama tersebut.

Dukungan Ridwan Kamil ini disampaikan Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Oman Fathurahman usai bertemu di rumah dinas Gubernur Jabar di  Bandung, Kamis (04/02). Ikut mendampingi, Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Muhajirin Yanis, Kakanwil Kemenag Jabar Adib, dan Kabid Haji Kanwil Kemenag Jabar.

“Kang Emil (panggilan akrab Gubernur,-red) sangat mendukung pengembangan asrama haji Indramayu sebagai pusat wisata religi,” ujar Oman.

“Pemprov bahkan sudah memberikan bantuan untuk pembangunan masjid di sana, sekaligus banyak memberikan masukan terkait desain bangunannya,” sambungnya.

Gubernur Jabar, kata Oman, meminta agar desain eksterior dan interior gedung di asrama haji memadukan unsur Islam dan kearifan lokal. Desain bangunan masjid akan dibuat layaknya miniatur Masjid Nabawi, plus motif budaya Jawa Barat.

“Kang Emil juga siap untuk membantu pembangunan rumah sakit di lingkungan asrama haji,” terang Oman.

“Di asrama haji ini juga akan dibangun Museum Haji Indonesia,” lanjutnya.

Menurut Oman, sebagai pusat wisata religi di Jabar, ada empat fungsi yang akan dikembangkan asrama haji Indramayu. Pertama, fungsi pelayanan jemaah haji. “Ini merupakan fungsi utama sebagai tempat pelayanan bagi jemaah haji dan umrah,” ucap Oman.

Kedua, fungai sosial. Di luar musim haji, asrama bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan masyarakat. Ketiga, fungsi edukasi, yakni menjadi pusat pembelajaran terkait haji dan umrah.

“Keberadaan museum sejarah haji akan menguatkan fungsi edukasi asrama bagi masyarakat,” tuturnya.

Terakhir, fungsi ekonomi. “Ketika fungsi-fungsi asrama haji ini berjalan, maka itu otomatis akan menggerakkan geliat ekonomi masyarakat di Indramayu dan sekitarnya,” terang Oman.

Selain tentang asrama haji, pertemuan ini juga mendiskusikan rencana pembangunan kantor Kanwil Kemenag Jawa Barat. Kang Emil sudah menyiapkan hibah lahannya. “Bahkan, di kantor baru ini nantinya akan dibangun rumah ibadah agama-agama yang mayoritas dipeluk di Indonesia, sebagai simbol kerukunan umat beragama” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here