Gubernur dan Wagub DKI Kompak Bakal Saksikan Gerhana Bulan Total

456
Anies dan Sandi OK
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wagub Sandiaga Uno. (Foto: PKSFoto)

Jakarta, Muslim Obsession – Gubernur DKI Anies Baswedan tampak antusias untuk turut menyaksikan supermoon yang bertepatan dengan gerhana bulan total, esok Rabu (31/1/2018). Anies memastikan hal itu, meski ia belum mengetahui di titik pemantauan mana dirinya akan menyaksikan.

“Insya Allah saya nonton gerhana juga. Titiknya di mana, nanti saya kabari,” kata Anies di Balai Kota, Selasa (30/1/2018).

Cuaca langit ibu kota yang belakangan sering mendung, diharapkan Anies, tidak terjadi esok malam. “Mudah-mudahan besok tidak hujan, awannya juga bersahabat sehingga bagi yang motret ada kesempatan ambil gambar,” ujar dia.

Seperti Anies, Wagub DKI Jakarta, Sandiaga Uno, pun tak ingin melewatkan momen langka tersebut. Ia menyebut ‘Kota Tua’ sebagai tempatnya untuk menyaksikan Supermoon. ” Insya Allah nanti ke Kota Tua,” ujar dia.

Sebelumnya, bahwa Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta telah menyiapkan beberapa tujuh titik pengamatan untuk menyaksikan gerhana bulan total ini. Ketujuh titik pengamatan itu akan dibuka untuk umum pada Rabu (31/1/2018), mulai pukul 17.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB.

Ketujuh titik tersebut di antaranya, Planetarium dan Observatorium Jakarta, Tugu Monas, perkampungan budaya betawi Setu Babakan, Taman Fatahillah. Selain itu, fenomena tersebut juga bisa disaksikan di Kepulauan Seribu, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan Taman Impian Jaya Ancol.

Gubernur DKI sendiri telah mengeluarkan surat edaran terkait terjadinya gerhana bulan. Termasuk menginstruksikan kepala Dinas Pendidikan untuk menyebarkan edaran kepada sekolah berisi informasi tentang fenomena gerhana bulan. Di dalamnya juga terdapat imbauan kepada guru untuk menjadikan fenomena tersebut sebagai media pembelajaran dan mendorong minat siswa mempelajari sains, serta mensyukuri anugerah dan mengagumi kebesaran Tuhan.

Selain itu, Gubernur juga menginstruksikan kepada Kabiro Pendidikan Mental dan Spiritual (Dikmental) untuk menyebarkan edaran kepada masjid yang ada di Jakarta. Edaran tersebut berisi informasi mengenai fenomena gerhana bulan dan disertai ajakan serta panduan untuk menunaikan shalat gerhana secara syar’i. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here