GNPF-MUI Resmi Berubah Jadi GNPF Ulama

576
GNPF Ulama
Jumpa pers GNPF Ulama menyikapi Perppu Ormas, di Hotel Sahid, Jakarta, Senin (30/10/2017).

Jakarta, MuslimObsession.com – Ketua Umum Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI, Ustadz Bachtiar Nasir menyampaikan bahwa GNPF-MUI berubah nama menjadi GNP Ulama. Menurut Bachtiar, pihaknya tidak ingin membebani Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang namanya menempel di GNPF.

“Pertama, kami GNPF-MUI ganti nama menjadi GNPF Ulama, mulai hari ini. Jadi selanjutnya namanya GNPF Ulama,” ujar Bachtiar saat jumpa pers menyikapi Perppu Ormas, di Hotel Sahid, Jakarta, Senin (30/10/2017).

Istilah ulama dalam organisasi GNPF, imbuh Bachtiar, merupakan ijmak bersama dari tokoh GNPF dan ulama yang tergabung di dalamnya. Mereka sepakat mengambil keputusan mengganti nama tersebut.

Kendati begitu, Bachtiar menyebutkan bahwa tidak ada perubahan struktur di GNPF, termasuk posisi Habib Rizieq Shihab sebagai dewan pembina.

Sebelumnya, MUI sempat menyatakan keberatannya terhadap penggunaan nama dan atribut lembaganya oleh GNPF. Penggunaan nama MUI berpotensi jadi adu domba antara ulama dan pemimpin negara.

MUI menegaskan GNPF bukanlah organ atau lembaga yang berada di bawah ormas yang menaungi para ulama itu. MUI mempersilakan GNPF menggelar aksi atau menyatakan pendapat, tapi jangan membawa-bawa nama MUI. (Fath)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here