Gempa Bumi Guncang Lombok, BNPB: 10 Orang Meninggal Dunia

695
Gempa Bumi Lombok (Foto: Gooto)

Jakarta, Muslim Obsession – Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB) merilis korban gempa bumi berkekuatan 6,9 skala richter yang mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat NTB, Ahad (19/8/2018). Di antaranya, terdapat 10 orang meninggal dunia dan 24 orang luka-luka.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan sebagian korban tewas akibat tertimpa bangunan roboh dan sebagian lainnya terkena serangan jantung karena kaget adanya guncangan keras.

“Ini data sementara, pendataan masih berlangsung, kendala listrik padam total menyebabkan komunikasi dan pendataan terhambat,” kata Sutopo, Senin (20/8/2018).

Sutopo mengatakan tim SAR gabungan yang terdiri dari Basarnas, TNI, kepolisian, Kementerian Energi dan Sumber Daya Manusia, serta relawan tengah mengevakuasi korban.

Selain itu, kata dia, enam unit fasilitas ibadah dan 151 unit rumah rusak, sebanyak 139 rumah di antaranya rusak ringan. Gempa, juga merusak sejumlah jalan dan beberapa bukit longsor.

Jumlah korban jiwa tidak terlalu banyak ketimbang gempa sebelumnya, menurut Sutopo, karena saat gempa Ahad malam, masyarakat berada di luar rumah dan pengungsian.

“Rasa trauma guncangan gempa, apalagi pada Minggu siang terjadi gempa 6,5 SR di Lombok Timur menyebabkan masyarkat memilih berada di luar rumah,” ungkapnya.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here