Gelar Sidang Tanwir, Muhammadiyah Undang Prabowo dan Jokowi

367

Sesuai AD/ART, sidang tanwir sekurang-kurangnya dilaksanakan satu kali dalam satu periode kepengurusan. Dalam periode kepemimpinan PP Muhammadiyah hasil muktamar ke-47, sidang tanwir di Bengkulu merupakan tanwir kedua. Sebelumnya, tanwir pertama dilaksanakan di Ambon pada 2017.

Tanwir akan dihadiri sekitar 500 peserta terdiri atas anggota PP Muhammadiyah, ketua dan sekretaris majelis, serta lembaga dan biro tingkat pusat. Unsur peserta tanwir lainnya adalah ketua dan sekretaris organisasi otonom tingkat pusat dan PWM se-Indonesia. Sebagai peninjau hadir pimpinan perguruan tinggi, rumah sakit, dan amal usaha Muhammadiyah serta pimpinan daerah Muhammadiyah di lingkungan PWM Bengkulu, Muhammadiyah ASEAN, dan undangan khusus lainnya.

Ketua PP Muhammadiyah, Prof Bahtiar Effendy, mengatakan, Muhammadiyah ingin mendengarkan secara lebih utuh mengenai pikiran-pikiran Prabowo dan Jokowi tentang hal-hal yang berkaitan dengan keagamaan dan kebangsaan. Sebab, dalam beberapa waktu terakhir ini seakan-akan atau dirasakan terjadi pembelahan sosial yang kurang sehat.

“Mudah mudahan beliau berdua mampu memberikan suatu perspektif yang menjadikan kita semuanya sebagai warga negara yang nyaman, senang, warga negara yang tidak hanya mempunyai komitmen untuk mempertahankan NKRI, tetapi juga warga negara yang dilindungi oleh NKRI,” ujarnya.

Ia menegaskan, salah satu dari mereka akan menjadi pemimpin bangsa. Sebab itu, Muhammadiyah ingin melihat apakah mereka berdua mempunyai solusi terhadap persoalan yang dirasakan sekarang. Menurut dia, ada persoalan kesenjangan ekonomi yang dari dulu sampai sekarang belum terselesaikan.

“(Apakah Prabowo dan Jokowi) bisa memberikan jalan keluar yang realistis, tidak mudah, tidak cepat, tapi kita ingin lihat apakah komitmen itu ada (pada mereka), apakah politik itu ada, apakah komitmen itu diterjemahkan dalam kebijakan atau sekadar visi saja, tapi tak terjemahkan dalam kebijakan sehari-sehari,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here