Gelar Sidang Tanwir, Muhammadiyah Undang Prabowo dan Jokowi

367

Tanwir Muhammadiyah tersebut akan mengusung tema “Beragama yang Mencerahkan”. Pada tanwir itu, Muhammadiyah akan menyampaikan pemikiran dan gagasan tentang bagaimana mengangkat serta menempatkan agama sesuai dengan manhaj Muhammadiyah.

Abdul Mu’ti menambahkan, ada gejala dalam realitas sosial masyarakat Indonesia, terutama menjelang perhelatan politik pada April 2019. Gejala tersebut diduga berkaitan dengan spiritualisasi agama, komodifikasi agama, dan politisasi agama. “Karena itu, Muhammadiyah dalam sidang (tanwir) ini akan menyampaikan dan mengafirmasi manhaj Muhammadiyah tentang makna, kedudukan, dan fungsi agama,” kata Abdul Mu’ti.

Ia menjelaskan, ada beberapa pokok pikiran yang pernah disampaikan Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir kepada Joko Widodo dan Prabowo Subianto kala masing-masing bersilaturahim ke PP Muhammadiyah, yakni garis besar pemikiran Muhammadiyah untuk Indonesia masa depan.

Di dalam tanwir, pokok pikiran tersebut akan dielaborasi lebih luas lagi. Tentu, dengan lebih substansif sesuai dengan masukan-masukan peserta tanwir. Pokok pikiran tersebut ada yang berkaitan dengan pengukuhan dan penguatan Pancasila sebagai dasar negara.

“Kemudian, berkaitan dengan pentingnya menegakkan kedaulatan negara dan menyelesaikan permasalahan ekonomi, terutama adalah kesenjangan ekonomi,” ujarnya.

Mu’ti menyampaikan, pokok pikiran tersebut juga berkaitan dengan peran Indonesia yang lebih penting dalam politik global, terutama berkaitan dengan peran agama dalam diplomasi Indonesia. Selain itu, ada beberapa pokok pikiran yang berkaitan dengan penguatan kebangsaan.

Abdul Mu’ti mengatakan, dalam sidang tanwir nanti akan dibahas empat agenda besar yang berkaitan dengan persoalan organisasi, keumatan, dan kebangsaan. Salah satunya, tanwir akan membahas perubahan anggaran rumah tangga Muhammadiyah.

“Kedua, akan disampaikan pokok-pokok pikiran Muhammadiyah mengenai kehidupan keumatan dan kebangsaan. Ketiga, ceramah dari para tokoh nasional,” kata dia.

Ia melanjutkan, sidang tanwir akan membahas hal-hal yang berkaitan dengan progres atau dinamika perserikatan Muhammadiyah di tingkat nasional dan pimpinan wilayah Muhammadiyah (PWM). “Sidang tanwir merupakan permusyawaratan tertinggi di bawah Muktamar,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here