Geger, Produk Pakaian Olahraga AS yang Diduga Buatan Muslim Uighur

286

Xinjiang, Muslim Obsession – Sebuah perusahaan pakaian atletik Amerika, Badger Sportswear, diduga memiliki hubungan komersial dengan Hetian Taida Apparel.

Yaitu sebuah perusahaan China yang sumber pakaiannya diduga dibuat di kamp-kamp Muslim Uighur di wilayah Xinjiang Cina.

Sebagaimana informasi yang beredar luas, pihak berwenang Cina menahan kurang lebih satu juta Muslim di Kamp Penahanan rahasia.

Di antara mereka, baik Badger dan Hetian dianggap sudah mendapatkan banyak keuntungan. 

Menurut pengamat, Xinjiang mendorong kebijakan yang memaksa etnis Uighur untuk menyerahkan keislaman mereka. Serta menjadi sasaran indoktrinasi politik yang sangat besar.

Beredar juga informasi bahwa pihak berwenang sekarang memaksa sejumlah tahanan untuk bekerja di industri makanan dan manufaktur.

Impor produk-produk Cina yang dibuat dengan kerja paksa tanpa ada gumaman ke Amerika Serikat menunjukkan betapa sulitnya untuk menghentikan produk-produk semacam ini untuk memasuki rantai pasokan di seluruh dunia.

Ketika diinformasikan, John Anton, CEO Badger, mengatakan kepada media bahwa perusahaannya akan menyelidiki kebenaran klaim dan akan mengimpor pakaian dari pemasok lain saat penyelidikan sedang berlangsung.

Sementara Ketua Hetian Taida, Wu Hongbo, mengklaim skema ini dilakukan untuk menghilangkan kemiskinan.

Cina sendiri mengklaim orang-orang Uighur dan Kazakh, bersama dengan minoritas lain, terutama Muslim, sedang diberikan pelatihan kejuruan gratis sehingga mereka dapat berpartisipasi dalam dunia peradaban modern. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here