Gedung Bekas Gereja di Inggris Diubah jadi Masjid

445

Inggris, Muslim Obsession – Gereja kecil atau kapel di desa Llanbedr, dekat Harlech di Gwynedd, Wales akan diubah menjadi masjid setelah bertahun-tahun dibiarkan kosong.

“Sudah ada di pasaran untuk beberapa waktu dan aplikasi tidak melibatkan perubahan penggunaan nyata – itu akan terus digunakan sebagai tujuan yang dimaksudkan,” kata anggota dewan komunitas Gruffydd Price, dikutip dari BBC News, Senin (1/7/2019).

Rencana untuk mengubah Capel Moriah di Llanbedr menjadi masjid dan pusat meditasi disetujui dewan setempat.

Warga menyambut bangunan yang kembali digunakan untuk ibadah. Masjid dan Meditasi Jamia Almaarif Center yang baru akan menyediakan kegiatan Islam dan non-Islam.

“Fasilitas ini akan tersedia sepanjang tahun untuk siapa saja dari agama Islam yang bepergian atau tinggal dalam jarak perjalanan untuk berdoa di dalamnya dan kami tidak mengharapkan lebih dari 150 orang berkunjung pada satu waktu,” terang Fatima Bodhee, direktur Jamia Almaarif.

Diharapkan bahwa masjid kemungkinan besar hanya akan penuh selama liburan sekolah dan di musim panas karena Llanbedr tidak memiliki komunitas Muslim.

Menurut sensus terakhir pada 2011, tidak ada satu orang pun di desa Llanbedr yang diidentifikasi sebagai seorang Muslim. Kapel Moriah membuka pintunya untuk pertama kalinya pada tahun 1913.

Dibangun dalam gaya seni dan kerajinan dari jenis gable-entry, situs itu dianugerahi status terdaftar Grade-II pada tahun 1997.

Iman non-Kristen terbesar di Wales adalah Islam, dengan sekitar 46.000 penganut pada 2011.

Sebagian besar Muslim tinggal di Cardiff (23.656 pada 2011, 6,8% dari populasi), tetapi ada juga jumlah yang signifikan di Newport (6.859 pada 2011) dan Swansea (5.415 pada 2011).

Sudah ada komunitas Islam Somalia dan Yaman di Cardiff sejak pertengahan 1800-an, yang didirikan oleh pelaut ke Dermaga Cardiff.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here